Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yonal Regen

Mengenal Ta'lim Muta'alim, Kitab Rujukan Pembelajaran

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 19 Mar 2023, 13:17 WIB

Para santri di pondok pesantren, khususnya pesantren tradisional pastinya mengenal kitab Ta'lim Muta'lim. Kitab yang ditulis oleh Syekh al-Zarnuji yang membahas tentang proses belajar dan mengajar.

Al-Zarnuji sendiri adalah seorang tokoh pendidikan islam yang banyak memberikan kontribusi selama hidupnya pada dunia pendidikan. Kitab Ta'lim Muta'lim ini adalah salah satu dari banyak langkah nyata sosok al-Zarnuji dalam memberikan sumbangsih pemikirannya dalam dunia pendidikan Islam.

Sepeprtinya halnya kebiasaan nama Arab yang banyak memiliki nama alias, al-Zarnuji pun demikian, ia memiliki nama lain yaitu Burhan al-Islam dan juga Burhanuddin. Sedangkan nama al-Zarnuji sendiri dipercaya sebagai sebuah nisbat dari sebuah wilayah di Turki yang bernama Zurnuj.

Tidak hanya dalam bentuk kitab kuning, kini Ta'lim Muta'lim juga hadir dalam bentuk buku terjemahan Bahasa Indonesia sehingga bisa dibaca oleh masyarakat secara umu yang tidak dapat membaca Bahasa Arab sebagaimana para santri mempelajarinya di pesantren.

Cara Belajar Yang Baik Menurut Kitab Ta'lim Muta'lim

Banyak sekali bahasan dalam Kitab Ta'lim Muta'lim yang berhubungan dengan pendidikan. Salah satu bab didalamnya adalah tentang bagaimana cara belajar yang baik.

Setidaknya ada 6 syarat yang dituliskan al-Zurnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'lim ini untuk dapat belajar dengan baik.

Pertama adalah sabar. Tak ada yang instan dalam proses mencari ilmu. Ibaratnya mi instan saja butuh waktu untuk memasak dan menyajikannya, apalagi mencari ilmu.

Kedua harus cerdas. Pada dasarnya setiap manusia adalah cerdas, maka kewajiban orang tua dan guru yang membimbingnya untuk mengembangkan potensi kecerdasan setiap anak. Untuk itu dibutuhkan kerjasama antara orang tua dan guru dalam mendidik anak agar berhasil dalam prosesnya.

Syarat selanjutnya dalam mencari ilmu adalah harus memiliki modal. Tak hanya modal secara finansial, tetapi semangat dan motivasi yang tinggi dalam belajar juga harus dimiliki oleh setiap pelajar.

Poin ke empat adalah tentang fokus dalam belajar. Saat ini banyak sekali gangguan yang menyebabkan daya fokus anak belajar menjadi buyar, mulai dari gadget yang dipegang anak sampai lingkungan yang tidak mendukung menyebabkan anak menjadi tidak fokus dalam belajar.

Ke lima adalah konsisten. belajar adalah proses yang memakan waktu tak sedikit, butuh konsistensi dalam menjalankannya.

Hal terakhir yang dibahas oleh al-Zarnuji dalam kiat belajar yang baik adalah dengan memiliki guru. Sosok guru sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing dalam proses mencari ilmu adalah vital.

Orang tua harus mencarikan guru terbaik untuk proses belajar sang anak. Pun yang tak kalah penting adalah menjaga adab-adab yang berhubungan dengan bagaimana sebaiknya berkomunikasi dan bersosialisasi dengan guru untuk mendapatkan keberkahan ilmunya.

6 cara belajar yang baik dalam Kitab Ta'lim Muta'lim adalah sebagian kecil dari banyaknya kajian yang bisa kita pelajari didalamnya. banyak hikmah dan juga pengetahuan-pengetahuan lain yang bisa kita pelajari dalam kitab kuning atau versi buku Bahasa Indonesia Ta'lim Muta'lim ini.

Semoga dengan mempelajari Kitab Ta'lim Muta'lim proses belajar kita menjadi lebih baik dan pada akhirnya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang Allah berkahkan. Aamiin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image