Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nury Ahyana

Sering Merasa Insecure? Ayo Lebih Percaya Diri!

Eduaksi | Monday, 20 Dec 2021, 11:28 WIB

Insecure adalah dimana seseorang merasa tidak percaya diri dan cenderung hidup dalam ketakutan. Belakangan ini, ramai yang sedang diperbincangkan oleh kalangan remaja bahwa mereka sering merasakan insecure jika melihat seseorang lebih cantik atau lebih pintar dari mereka. Sehingga membuat kepercayaan di dalam diri mereka itu tenggelam. Menurut studi yang diterbitkan oleh APA (American Psychological Association) Orang yang merasa insecure tentang keterikatan mereka dengan orang lain mungkin berisiko lebih tinggi untuk masalah kardiovaskular daripada mereka yang merasa aman dalam hubungan mereka.

Sumber : www.etsy.com

Hal yang dapat mencegah insecurity

1. Yakin Bahwa good looking bukan segalanya

Kebanyakan dari anak remaja bahkan sampai orang dewasa merasa bahwa good looking adalah segalanya yang dapat menarik perhatian banyak kalangan. Padahal pada hakikatnya, kamu tidak perlu good looking agar menjadi orang yang sukses, menjadi terkenal, bahkan menjadi orang yang berguna sekalipun.

2. Latihan Bodo Amat

Ketika seseorang merasa bahwa dirinya tidak secantik atau setampan orang lain, hal yang harus dilakukan adalah bodoh amat atau tidak terlalu mempedulikan perkataan orang lain tentang dirinya. Harus tetap cerdas bahwa semuanya harus diterima.

3. Self-Love

Mencintai dan menerima bahwa ada sesuatu dalam diri seseorang kelebihan dan kemampuan yang orang lain mungkin tidak miliki.

Sumber : blogspot.com

4. Meningkatkan Percaya Diri

Riset Psikologis mengungkapkan bahwa ketiadaan rasa percaya diri karena kebiasaan. Upaya meningkatkan rasa percaya diri menurut para ahli :

a. Mengubah pemikiran dari yang tidak memiliki percaya diri menjadi saya harus percaya diri.

b. Mengatasi perasaan negatif apapun dan ubah menjadi emosi-emosi yang kuat dan progresif.

c. Ambil keputusan berbeda.

(Ros Taylor,2003)

Sumber :

Syahrin, Alvi. Insecurity Is My Middle Name. 2021, Jakarta : Alvi Ardhi Publishing.

Taylor, Ros. Kiat-kiat Pede Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri. 2003. PT.Gramedia Pustaka Utama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image