Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Anto Official

Mengenal Kayu Tembesu yang Tumbuh Subur Diwilayah Sumatera Selatan

UMKM | Friday, 17 Mar 2023, 19:38 WIB

Pohon Tembesu merupakan pohon lokal yang tumbuh subur dan tersebar di daerah Sumsel, Lampung dan Jambi. Berdasarkan kajian ilmiah, kayu ini memiliki keunggulan dari sisi ekologi dan ekonomis. Tembesu memiliki kelas awet I. Seringkali, jenis kayu ini digunakan sebagai bahan pembuatan tiang-tiang penyangga rumah panggung, karena mempunyai daya tahan terhadap air.

Pohon Tembesu
Pohon Tembesu

Secara ekologi, tembesu merupakan jenis tanaman pionir yang dapat tumbuh diareal padang rumput, lahan alang-alang atau pada hutan sekunder yang lembab. Tembesu memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat lokal di Sumatera Selatan. Tembesu seringkali digunakan sebagai tiang penyangga baik untuk rumah, jembatan, konstruksi rumah dan atau bahan furnitur dan rumah tangga.

Pohon Tembesu memiliki kelebihan antara lain kayunya tidak mudah retak, nilai penyusutannya kecil dan mudah dibentuk dalam konsepnya. Tinggi pohon dapat mencapai 30 meter hingga 40 meter. Kayu ini dikenal sebagai kayu unggul dengan sebutan Kayu Raja. Pada zaman dahulu, hak penebangannya diatur oleh para kepala adat. Meskipun termasuk kayu mahal, tembesu belum menjadi komoditas pilihan utama petani untuk menanamnya. Tingginya nilai komoditas lain seperti sawit dan karet di wilayah sumatera membuat masyarakat cenderung memilih menanam kedua tanaman tersebut.

Karakteristik tembesu termasuk kelas berat, sedang dan berwarna kuning muda hingga coklat seta memiliki Tekstur halus. Kayu tembesu merupakan kayu yang mudah di olah. Kayu Tembesu sangat cocok digunakan untuk konstruksi bangunan di tempat terbuka maupun yang berhubungan dengan tanah, tiang rumah, lantai dan balok jembatan. Masyarakat di wilayah Sumatera Selatan menggunakan tembesu untuk kontruksi bangunan dan komponen rumah kayu.

Tiang Kayu Tembesu

Dalam pembuatan rumah limas panggung, kayu jenis tembesu seringkali digunakan sebagai tiang penyangga rumah. Tembesu sangat cocok dijadikan tiang penyangga, karena kayunya sangat kuat dan tahan dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Selain tahan akan cuaca ekstrim, kayu ini awet hingga puluhan tahun. Di daerah Tanjung Batu Sumatera Selatan, banyak yang menyebut tembesu ini dengan sebutan kayu seumur hidup karena keawetan dan kekuatannya.

Pohon tembesu merupakan jenis pohon yang mempunyai hijau daun sepanjang tahun dan memiliki banyak cabang. Batang pohonnya memiliki ciri fisik bergelombang, kulit batangnya tebal dan keras serta mempunyai warna cokelat beralur. Secara umum tembesu dikenal sebagai ironwood kayu andalan dari wilayah Sumsel. Info Harga Rumah Kayu

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image