Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jihan Sahra

Desa Ciseeng Siap Transformasi Menjadi Desa Wisata Kampung Ikan Bogor

Info Terkini | Tuesday, 14 Mar 2023, 20:51 WIB

Ciseeng, Kabupaten Bogor. Desa Ciseeng yang terletak di Kabupaten Bogor siap menjadi Desa Wisata Kampung Ikan satu satunya di Bogor. Menurut keterangan Kepala Desa Ciseeng, Rahmat Bukhari Muslim, mengatakan Desa Ciseeng saat ini sudah melakukan pemetaan untuk menjadikan Desa Ciseeng menjadi Desa Wisata Kampung Ikan.

“Desa Ciseeng ini penyuplai Ikan Hias dan Ikan Konsumsi terbesar di Jabodetabek bahkan sudah sampai ekspor ke Singapura dan Malaysia. Sebagai desa penyuplai ikan hias dan konsumsi maka sebagian besar pendapatan masyarakatnya dari sana. Maka dari itu untuk mempertahankan perekonomian dan sosial di desa, kami ingin menjadikan Desa Ciseeng menjadi Desa Wisata Kampung Ikan satu satunya di Bogor.” Ujar Rahmat Bukhari.

Sebagai desa daerah penyangga atau desa yang terletak diantara perbatasan, desa ciseeng memiliki kultur budaya yang beragam termasuk ke bahasa sehari hari yang digunakan. Desa Ciseeng memiliki ciri khas yang membedakan dari desa-desa lainnya di kecamatan ciseeng dilihat dari segi ekonominya yaitu perikanan, Perikanan inilah yang paling gampang sebagai pembeda dari desa lainnya.

Desa yang dihuni kurang lebih 8.200 kepala dan luas wilah kurang lebih 200 hektar menjadikan Desa Ciseeng menjadi desa terluas diantara sepuluh desa yang ada di Kecamatan Ciseeng. Kondisi Sosial yang ada di Desa Ciseeng juga dapat dikatakan cukup stabil dilihat dari hampir tidak adanya kesenjangan sosial di desa tersebut meskipun terdapat berbagai macam etnis, mulai dari agama, budaya dan juga pendidikan. Masyarakat Desa Ciseeng juga memiliki rasa gotong royong yang tinggi, hal ini juga yang membuat hampir tidak adanya ketimpangan dalam sosial di desa tersebut.

Rata-rata penghasilan masyarakat disana berasal dari Ikan Hias, dapat dikatakan aspek penting dalam perekonomian di desa, sehingga sangat berpengaruh kepada ke stabilan sosial di desa tersebut, dan untuk mempertahankan kestabilan sosial di desa, maka dibuatlah rencana untuk menjadikan Desa Ciseeng menjadi Desa Wisata Ikan satu-satunya di Bogor.

Rahmat Bukhari juga mengatakan selain program perpindahan Desa Ciseeng menjadi Desa Wisata Kampung Ikan sebagai usaha mengembangkan potensi tersebut ia juga mengadakan beberapa acara, salah satunya “Ciseeng Expo” yaitu acara berupa pameran ikan hias, penampilan ikan hias dan pameran kuliner yang akan diselenggarakan pada Bulan Juli 2023 nanti.

”Namun pada saat ini kami sedang fokus untuk menjadikan Desa Ciseeng ini menjadi Desa Wisata Kampung Ikan. Tahap persiapannya kira-kira bisa memakan waktu selama tiga tahunan. Proses persiapan itu terhitung dari awal tahun ini” sambung Rahmat. Tahapan persiapan yang dimaksud adalah pemetaan daerah, perbaikan Infrastuktur, dan peningkatkan program Pendidikan di Desa Ciseeng.

Persiapan transfomasi Desa Ciseeng menjadi Desa Wisata Kampung Ikan berpengaruh terhadap kehidupan sosial di desa tersebut. Transformasi ini diharapkan akan memperbaiki perekonomian di Desa Ciseeng yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kehidupan sosial didalamnya. “Semakin baik perekonomian di desa semakin baik juga sosial didalamnya, semakin baik sosial di suatu daerah maka akan menekan tingkat kesenjangan sosial dan konflik sosial yang ada.” Pungkas Rahmat Bukhari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image