Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Achmad Nurdiansyah

Asal-usul sejarah nama Cengkareng Jakarta Barat

Sejarah | Tuesday, 14 Mar 2023, 11:03 WIB

Jakarta, 14 Maret 2023-Bagi kalian yang tinggal di wilayah Cengkareng Jakarta Barat kalian wajib tahu nih asal usul nama wilayah kalian dari mana

Ada banyak sumber-sumber fakta menarik tentang sejarah asal usul Cengkareng namun yang saya sebutkan disini berdasarkan penelusuran saya.

Dari pada penasaran mari kita Simak yuk ulasan berikut ini.

Sumber Instagram kotajakartabarat

Wilayah Cengkareng berada di administrasi kota Jakarta Barat, dengan luas wilayahnya 26,54 Km2 dengan jumlah penduduk kurang lebih 583.984 jiwa dengan jumlah data laki-laki 295.445 jiwa dan perempuan 288.539 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 21.714,74 jiwa/Km2 dibagi dengan 6 kelurahan 87 Rw dan 1.061 Rt, dilansir dari instagram kotajakartabarat.

Sebelum menjadi Cengkareng pada saat ini, ada banyak nama yang telah digunakan pada masanya seperti tjankaar(ang), tjangkarang, dan tjengkarang.

Cengkareng berasal dari nama tanaman tjengkarang (erythrina corallodendron) yang banyak mendominasi wilayah Cengkareng pada masa sebelum VOC datang ke Indonesia.

Pada tahun 1730an industri gula merajai wilayah Cengkareng, para pengusaha gula kemudian menebang pohon apa saja untuk kebutuhan kayu bakar termasuk pohon tjengkarang yang pada akhirnya mendorong kepunahan pohon tjengkarang.

Nama tjengkareng sendiri baru tertulis dalam peta rencanaan saat gubernur jenderal Hindia Belanda Diederik Durven memperdalam kali Mookervaart (1732)

Nah seperti itulah asal usul nama Cengkareng.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Asal Usul Nama Wilayah Cengkareng", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/ahmadnurdiansyah1586/640f695a4addee590b0bf822/asal-usul-nama-wilayah-cengkareng

Kreator: Achmad Nurdiansyah

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image