Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ikhsan Mahdi Yusuf

Ketua RW Menjaga Ketentraman Masyarakatnya

Kabar | Sunday, 12 Mar 2023, 17:19 WIB

Bogor Selatan kecamatan empang, ketua rw pak indrus menjaga ketentraman masyarakat dengan caranya sendiri. RW tersebut merupakan tempat yang aman walaupun termasuk tempat kunjungkan yang ramai. Keramaian tersebut tidak hanya disebabkan kunjungan dari warga dalam negeri tetapi luar negeri juga mengunjungi empang untuk berziarah. Ziarah tersebut bertujuan untuk mengunjungi makam keramat yang selalu ramai tiap tahunnya.

Dengna keramaian tiap tahunnya maka tingkat keamanan masyarakat akan menurun. Peran RT dan RW sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat, dimana RT/RW sebagai lembaga kemasyarakatan yang mempunyai tugas pemberdayaan masyarakat dan ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

Keberadaan RT dan RW Merupakan penghubung antara masyarakat dengan Pemerintah, dalam hal Ini Desa dan Kelurahan. Dengan kata lain, pengurus RT dan RW merupakan sarana atau jembatan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Desa sebagai aparat Pemerintah. Sebaliknya, pengurus RT Dan RW mampu menerjemahkan segala kebijakan atau program yang digulirkan aparat Pemerintah kepada masyarakat.

Ketua RT dan RW juga menjadi rujukan awal laporan semua warga. Mulai dari permasalahan sosial, lingkungan, kesehatan, keamanan, dan lain sebagainya. Selain itu, juga menjadi penghubung jembatan aspirasi antara warga, masyarakat, dan pemerintah.

Pak indrus selaku RW 12 telah menjabat selama 3 periode ia telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan keamanan dan ketentraman warga sekitar. Salah satunya memasang portal di gang untuk meningkatkan keamana warga sekitar. Sumber penghasilan warga empang mayoritasnya adalah pedagang karena empang merupakan salah satu kecamatan yang ramai pengunjungnya.

“Awalnya lampu jalan telah disediakan pemerintah untuk menerangkan jalan tetapi Seiring berjalannya waktu lampu rusak saya meminta bantuan ke kecamatan hanya mendapatkan bantuan 5 lapu dari 15 lampu yang mengalami kerusakan. Dengan alasan bantuan tersebut dianggarkan ke biaya korona.” ujar pak indrus

Pada pernyataan tersebut pak indrus telah meminta bantuan kepada kecamatan tetapi mendapatkan hasil yang tidak sesuai keinginan . oleh karna itu pak indrus menggunakan uang kas RW dan uang pribadinya untuk memperbaikin kerusakan lampu jalan. Selain itu, pak indrus menggunakan uang pribadianya untuk memberikan bantuan kepada 30 Kartu keluarga (KK) yang dimana mereka memiliki perekonomian rendah. Selama 3 periode yang dipimpin oleh pak indrus telah meningkatnya ketentraman pada warga sekitar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image