Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Irwansyah

Kenali Lebih Jauh Mobile Banking Melalui Fitur Yang Tersedia

Eduaksi | Thursday, 09 Mar 2023, 00:24 WIB

Di Indonesia hampir semua bank menyediakan layanan mobile banking untuk memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja selagi terhubung dengan internet. Tidak heran jaman sekarang banyak anak muda maupun orang tua sudah banyak menggunakan mobile banking karena mereka sadar akan hal fasilitas layanan tersebut mudah dan efisien.

Ilustrasi foto : icon-for-free.com

Sebelum ke topik perlu diketahui mobile banking itu apa? Yaitu merupakan layanan transaksi perbankan melalui media handphone baik dalam bentuk aplikasi m-banking atau aplikasi memang bawaan dari phonsel, hal tersebut untuk mempermudah pengguna atau nasabah bank tersebut dengan keadaan online (tersambung ke internet).

Didalam m-banking terdapat banyak fitur-fitur yang sudah disediakan oleh penyedia aplikasi untuk mempermudah nasabah dan lebih mudah untuk digunakan, seperti fitur transfer, top up, hingga pembayaran tagihan, fitur tersebut memudahkan nasabah untuk bertransaksi tanpang menggunakan uang cash.

Bank penyedia Mobile Banking menyediakan berbagai fitur andalan untuk ditawakan kepada nasabahnya agar lebih memudahkan disetiap transaksinya berikut fitur mobile banking yang banyak digunakan oleh nasabah antara lain sebagai berikut: 1). Layanan informasi saldo, Mutasi rekening, dan untuk mengetahui lokasi cabang terdekat. 2). Layanan transfer antar bank. 3). Layanan pembayaran pajak, BPJS, dan asuransi. 4.) Layanan pembayaran tagihan listrik, PDAM, paket internet dan lain-lain. 5). Layanan top up e-wallet seperti ovo, gopay, dana dan shopeepay.

Dalam hal ini kita fokus pada 2 (dua) aplikasi mobile banking yang perlu untuk dibahas pertama Livin Mandiri yang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan orang saat ini, layanan yang disediakn Livin Mandiri tidak kalah menarik dengan mobile banking lainnya juga menyediakan layanan untuk kepuasan nasabah atau pengguna.

Demi keamanan nasabah Livin Mandiri menyediakan fitur biomerik sidik jari, fitur ini membuat membuat perasaan nasabah lebih tenang karena tersedia sidik jari, jadi tidak sembarang orang akan bisa membukanya, tidak hanya dalam hal keamanan saja namun sidik jari juga lebih mumudakan nasabah untuk membukan aplikasi atau dalam proses transaksi antar bank.

Kedua Bank Jatim merupakan bank daerah jawa timur, bank jatim ini banyak digunakan oleh pegawai pemerintahan yang sudah bekerjasama terkhusus daerah jawa timur itu sendiri, dalam hal layanan bank jatim juga menyediakan fitur seperti top up e-wallet, ovo, gopay dan lainnya. Layanan transaksi Bank Jatim ini masih menggunakan fitur standart umum (PIN), namun dalam hal keamanan tidak perlu diragukan tentunya sudah dijamin keamanannya.

Dari kedua aplikasi tersebut tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri dan juga terdapat fitur keunggulan dari masing-masing aplikasi, mulai dari proses transaksi yang memudahkan nasabah hingga layanan keamanan dalam hal privasi saldo atau akun dan untuk pmemkuat kepercayaan nasabah terhadap bank tertentu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image