Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Lima Tips Menyambut Bulan Ramadhan Bersama Anak

Edukasi | Friday, 03 Mar 2023, 21:03 WIB

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan. Bagi orang tua bulan ini merupakan bulan yang spesial. Momentum tepat bagi orang tua untuk memahamkan anak, melatih anak berpuasa, dan memberikan anak pelajaran berharga. Bagaimana tips atau cara menyambut bulan ramadhan bersama anak agar anak siap?

Cara Menyambut Bulan Ramadhan Bersama Anak

Tips menyambut ramadhan bersama anak ini merupakan bagian kehidupan keluarga. Berbicara ramadhan bersama anak sama halnya dengan berbicara peran orang tua untuk mengenalkan anak pada bulan suci ini.

Bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah kaya akan makna dan pembelajaran di dalamnya. Di dalamnya orang banyak berlomba untuk berbuat kebaikan semaksimal mungkin. Memberi makan orang berpuasa, membagikan takjil di jalanan, dan banyak lagi. Namun, sebagai orang tua, Ramadhan memiliki rahasia tersendiri.

Seyogyanya, para orang tua perlu menyadari rahasia yang ada di bulan Ramadhan yang berhubungan dengan pengasuhan anak. Di mana bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan aktivitas untuk mendidik anak tentang kedisiplinan, kepedulian, dan nilai-nilai ibadah di dalamnya. Lantas bagaimana cara orang tua menyambut ramadhan bersama anak?

Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menyambut ramadhan bersama anak,

1. Memberikan keteladanan

Semua orang tua sepakat kalau keteladanan memegang peranan penting dalam pengasuhan anak dan dalam kehidupan berkeluarga. Termasuk dalam menyambut ramadhan, orang tua harus memberikan contoh pada anak. Misal dengan membiasakan anak bangun pagi sebelum subuh. Membuat jadwal mengaji bersama anak. Mengajak anak salat berjamaah. Sesekali bisa juga mengajak anak untuk menjalankan puasa sunnah agar saat ramadhan tidak merasa berat.

Sesekali bisa juga orang tua menunjukkan kebahagiaan di depan anak. Saat anak bertanya kenapa terlihat bahagia? Maka kesempatan itu bisa digunakan untuk menjelaskan kalau ayah dan buna bahagia karena sebentar lagi bulan ramadhan akan tiba.

2. Memanfaatkan momen kebersamaan

Menyambut ramadhan bisa dilakukan orang dengan memanfaatkan waktu atau momen kebersamaan untuk bercerita. Ayah dan bunda bisa membangun cerita tentang keindahan bulan ramadhan. Keseruan mengisi ramadhan bersama keluarga.

Ajak anak untuk terlibat dalam cerita. Orang tua bisa memberikan gambaran bagaimana saat berpuasa di waktu kecil. Misal dengan menggunakan narasi seperti ini, “Dulu ayah senang sekali kalau bulan puasa. Bisa makan bersama setiap hari. Ke masjid dengan teman-teman, dan seterusnya.”

Sebagai orang tua, memang harus pandai-pandai menangkap momentum yang ada. Kalau tidak ada momentu, bagaimana? Jangan menyerah, orang tua harus bisa menciptakan momen itu. Misal membacakan buku tentang kisah puasa ramadhan dan lain-lain. Saat ini para ornag tua bisa mendapatkan dengan mudah kisah-kisah berhubungan dengan ramadhan dan puasa yang bisa dibacakan untuk anak.

3. Mengajak anak beribadah bersama

Ramadhan adalah bulan yang berisi pelajaran disiplin yang ketat. Selain itu, ramadhan sangat kental dengan nuansa kebersamaan atau berjamaah. Mulai santap sahur, buka puasa, menunggu waktu berbuka, hingga ibadah salat, semua dilakukan berjamaah. Nah,sebagai orang tua ada baiknya jauh-jauh hari sebelum ramadhan sudah membiasakan hal ini. Jika belum, maka bisa memulai membangun kebiasaan ini.

4. Membuat rencana kegiatan ramadhan

Ramadhan akan menjadi menyenangkan bagi anak, jika orang tua mau melakukan pendekatan dan menjadi penyemangat bagi anak untuk bisa beribadah, khususnya puasa. Bulan ramadhan selain diisi dengan puasa sebagai sebuah kewajiban, bisa juga diisi dengan ragam aktivitas pendukung lainnya.

Orang tua tidak boleh tinggal diam begitu saja menunggu ramadhan. Sesekali sounding pada anak tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di bulan ramadhan. Ajak mereka untuk bersama membuat rencana kegiatan. Jika perlu buatkan anak buku panduan ramadhan bersama keluarga.

Buat buku berisi rencana kegiatan ramadhan, lengkapi buk dengan gambar anak kita yang nampak bahagia pada setiap halaman buku panduan. Tujuannya, agar tetap membangun semangat mereka. Setiap membuka buku panduan akan senang karena bisa melihat gambar diri mereka.

5. Membuat tantangan menyambut ramadhan

Siapa yang pernah membuat tantangan menyambut ramadhan? Ini bisa menjadi hal menarik untuk menumbuhkan rasa senang anak dalam menyambut ramadhan. Ayah dan bunda bisa membuat tantangan sederhana. Misal membuat dekor ruangan menyambut ramadhan bersama ananda.

Jika anak masih balita, bisa juga diisi dengan mewarnai gambar bernuansa ramadhan. Sehingga anak juga akan termotivasi menyambut ramadhan dengan senang.

Itulah 5 Tips menyambut ramadhan bersama anak yang bisa dilakukan orang tua sebagai persiapan menyambut ramadhan. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi ayah, bunda, dan anak dalam menyambut ramadhan dengan bahagia. Kalau ayah, bunda selama ini bagaimana menyambut ramadhan bersama anak? Yuk bagikan pengalaman seru kalian menyambut ramadhan bersama anak. (Sugianto)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image