Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Outing Class di Yogyakarta, Kota Pelajar dan Budaya

Edukasi | Friday, 03 Mar 2023, 15:45 WIB

Kota Yogyakarta terkenal dengan sebutan Kota Pelajar, selain itu juga kebudayaan disana yang masih kental menjadikan kota Yogyakarta sebagai salah satu kota yang sangat cocok untuk melakukan pembelajaran outing class. Oleh karena itu, pada tanggal 28 Februari – 02 Maret 2023, siswa kelas 8 SMP Al-Hikmah Boarding School Batu melaksanakan program Outing Class di Kota Yogyakarta.

Siswa kelas 8 SMP Al-Hikmah Boarding School Batu di Keraton Yogyakarta

Pembelajaran pertama yang dilakukan oleh siswa adalah pembuatan mainan kayu di Mandiri Craft Yogyakarta. Mandiri Craft merupakan industri pembuatan mainan kayu yang khusus hanya mempekerjakan orang - orang difabel dan telah mengekspor hasil produksinya ke berbagai negara di Asia dan Eropa. Disini siswa banyak belajar mengenai industri mainan kayu, selain itu juga mendapatkan pembelajaran tentang semangat dalam menggapai asa, karena di Mandiri Craft seluruh karyawannya merupakan Difabel, meskipun demikian mereka tetap berkreasi dan bisa berkarya hingga bisa mengekspor ke luar negeri. Masih dalam kreasi dan inovasi, destinasi selanjutnya adalah Gerabah Kasongan, di tempat tersebut para siswa belajar berkreasi dari tanah liat yang diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan.

Destinasi selanjutnya yang didatangi oleh para siswa kelas 8 SMP Al-Hikmah Boarding School Batu adalah Masjid Jogokariyan, yaitu sebuah masjid yang pengelolaannya sugguh luar biasa, selain masjidnya yang selalu ramai ketika sholat, dari masjid ini juga bisa mensejahterakan para jamaahnya, tak heran jika banyak sekali masyarakat luar daerah yang belajar pengelolaan Masjid Jogokariyan ini. Begitu pula dengan siswa kelas 8 SMP Al-Hikmah Boarding School Batu, diharapkan nantinya siswa bisa mengelola masjid dengan baik di daerahnya masing-masing, sehingga masjid-masjid bisa selalu ramai dengan jamaahnya. Belajar tentang entrepreneurship atau kewiraswastaan menjadi destinasi selanjutnya, tepatnya di Bakpia Pathok 25. Disana para siswa belajar mulai dari pengelolaan dan pembuatan, sampai dengan penjualan.

 

Sejarah dan budaya menjadi tujuan pembelajaran terakhir dalam outing class kali ini, mulai dari alun-alun kidul, Keraton Yogyakarta hingga Benteng Vredeburg di kunjungi oleh siswa. Hal ini dilakukan agar siswa tidak meninggalkan kebudayaan serta tidak melupakan sejarah Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image