Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image immawan syarif

4 Cara Mudah Belajar Matematika

Pendidikan dan Literasi | 2023-02-28 22:10:51

Kebanyakan siswa atau peserta didik masih menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Hal itu dikarenakan matematika memiliki konsep atau materi yang abstrak. Paradigma yang menganggap bahwa matematika itu sulit dan rumit akan sangat berdampak terhadap pola pikir siswa, seperti misalnya siswa akan merasa takut ketika dihadapkan dengan pelajaran matematika. Ketika siswa sudah merasa takut terhadap pelajaran matematika, maka hal itu akan sangat berdampak terhadap motivasi dan semangat siswa untuk belajar matematika. Sehingga yang terjadi adalah siswa akan merasa malas dan tidak mau belajar matematika.

Ilustrasi gambar diambil dari https://www.freepik.com/

Disadari atau tidak, matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang tidak bisa lepas dari konsep matematika, seperti misalnya menghitung uang belanjaan, menentukan waktu dan jarak tempuh yang dibutuhkan untuk pergi ke sekolah dan lain sebagainya. Maka dari itu pelajaran matematika menjadi salah satu pelajaran wajib yang harus diajarkan kepada siswa di tingkat pendidikan dasar dan menengah bahkan sampai ke tingkat pendidikan tinggi. Bagi kalian yang masih kesulitan dalam belajar matemtika, berikut ini kami uraikan beberapa tips dan cara mudah untuk belajar matematika.

Merubah Mindset

Hal pertama yang harus dilakukan bagi kalian yang ingin mudah mempelajari matematika yaitu dengan cara merubah pola pikir yang ada di dalam diri kalian bahwa matematika itu sulit. Ketika seorang sudah meyakini dalam dirinya bahwa sesuatu itu sulit maka hal itu akan menjadi sulit, namun ketika seorang meyakini bahwa sesuatu itu mudah maka hal itu akan menjadi mudah. Begitupun dalam matematika, ketika kalian mengatakan dalam diri kalian bahwa matematika itu mudah maka hal itu akan menjadi mudah, begitupun sebaliknya. Jadi rubahlah cara pandang kalian terhadap matematika.

Belajar Secara Kontekstual

Sudah menjadi rahasia umum bahwa matematika memiliki konsep yang rumit dan abstrak. Oleh karena itu, salah satu cara agar tidak kesulitan dalam belajar matematika yaitu belajar dengan cara kontesktual. Pembelajaran kontekstual ini merupaka model pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dan kondisi kehidupan nyata. Dengan pembelajaran kontekstual ini, kalian bisa mengaitkan konsep atau rumus abstrak yang ada di dalam pelajaran matematika dengan situasi dan kondisi yang ada di dalam kehidupan nyata. Sehingga dengan demikian kalian dapat dengan mudah mencerna atau memahami materi yang ada di dalam pelajaran matematika.

Mulailah dari Materi yang Mudah

Matematika memiliki konsep yang sistematis, dimana antara materi yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Bagi kalian yang ingin lebih mudah belajar matematika, mulailah dari materi atau konsep yang mudah terlebih dahulu. Setelah kalian mampu memahami konsep dasarnya maka kalian akan lebih mudah dalam mempelajari materi matematika pada tingkat yang lebih sulit. Ibarat meniti tangga, kalian harus memulainya dari anak tangga pertama sehingga kalian mampu menggapai anak tangga berikutnya.

Sharing dan Diskusi dengan Teman

Ketika kalian mengalami kesulitan dalam memahami materi atau mengerjakan soal matematika, jangan dihadapi sendirian. Cobalah untuk sharing dan berdiskusi dengan teman untuk meminta masukan, saran dan solusi dari persoalan yang dihadapi. Jika kalian memaksakan diri untuk mengerjakan soal matematika yang sulit secara mandiri maka yang terjadi kalian akan merasa strees dan kebingungan. Maka dari itu sharing dan berdiskusi dengan teman merupakan salah satu cara yang dapat kalian lakukan agar dapat belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan.

Itulah 4 tips yang bisa kalian coba agar belajar matematika lebih mudah dan menyenangkan, selain 4 tips itu masih banyak cara lain yang bisa kalian coba loh

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image