Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Binar Semangat Menghafal Al Quran Hafidz Hafidzah MAN 3 Bantul

Eduaksi | Monday, 27 Feb 2023, 17:50 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) – MAN 3 Bantul telah sukses menggelar Wisuda Tahfidz sebagai puncak kegiatan Tahfidz untuk kelas XII. Setelah berjibaku selama berpekan-pekan sebelumnya, panitia wisuda yang merupakan seluruh elemen MAN 3 Bantul sukses menggelar kegiatan Wisuda Tahfidz, Sabtu (25/2) di Gedung HDWR.

Kegiatan yang digawangi oleh Dra. Rusnani, Koordinator Keagamaan ini diikuti oleh seluruh kelas XII. Sekretaris panitia pelaksana kegiatan, Novi Perwitasari, S.H.I., M.H.I. mengungkapkan sebanyak 104 siswa mampu mencapai target yang diharapkan. Bahkan ada 11 siswa yang melampaui 10 juz dan 2 siswa hafidz 30 juz, yakni Nilna Zulfa Azizah (XII MIPA 2) dan Abdullah Azzam Al Qowiy (XII Keagamaan 1).

Perjalanan anak-anak hingga titik wisuda ini diwarnai perjuangan yang luar biasa. Semangat anak-anak yang membara didukung dengan penguatan dari pondok pesantren mitra yang berada di lingkungan madrasah, serta bimbingan dan dorongan dari guru rumpun keagamaan berbuah manis.

Berbagai program disiapkan untuk menyukseskan Wisuda Tahfidz. Program Tahfidz dilaksanakan sejak kelas X hingga kelas XII baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Saat duduk di tangga kelas XII siswa diberikan bimbingan intensif. Siswa mengikuti akselerasi tahfidz usai kegiatan pembelajaran. Menjelang perhelatan wisuda, selama satu bulan para siswa semangat untuk mencapai target hafalan juz 2. Para siswa menghafalkan dan menyetorkan hafalan kepada guru tahfidz, Ibnus Sakan Al Faisal, S.S., M.Sc., Siti Istinangatul Musfiqoh, S.E., Nafisah, S. Th. I., serta guru keagamaan, Siti Nur Jannah, S. Pd. I., dan Ihda Nurul Layyinah, S.Ag..

“MasyaAllah semangat anak-anak begitu luar biasa. Tak ada rasa capek tergurat di wajah-wajah mereka saat berinteraksi dengan Al-Quran, yang terlihat wajah sumringah merefleksikan semangat yang membara mereka dalam menghafalkan Al-Quran. Semoga Allah karuniakan keistiqomahan untuk anak-anak,” ungkap Layyinah usai mendampingi siswa dalam menghafal Al-Quran.

Selain program akselerasi, dilaksanakan pula program simaan Al-Quran untuk memacu siswa semangat dalam mempelajari Al-Qquran. Kegiatan ini diikuti pula oleh kelas X dan kelas XI.

Guna mematangkan Wisuda Tahfidz dilaksanakan rapat koordinasi beberapa kali untuk mempersiapkan wisuda. Hingga satu minggu sebelum pelaksanaan wisuda sejumlah 104 siswa tercatat telah menyelesaikan hafalan. Disamping itu, dilaksanakan pula gladi kotor mulai 20-23 Februari 2023 di Mushola Roudhotul Jannah MAN 3 Bantul dan gladi bersih pada 24 Februari 2023 di Gedung HDWR dengan didampingi oleh guru rumpun keagamaan.

Persiapan yang matang melancarkan proses Wisuda Tahfidz. Koordinator Keagamaan, Dra. Rusnani bersyukur atas kesuksesan acara Wisuda Tahfidz. “Alhamdulillah Wisuda Tahfidz berjalan dengan lancar. Baarakalllah untuk anak-anak semua. Wisuda ini menjadi pemacu untuk semangat dalam mempelajari Al-Quran. Tidak berhenti sampai di sini, proses belajar berlanjut seumur hidup. Semangat untuk anak-anak semua dalam menjaga Kalamullah. Terima kasih kepada segenap keluarga MAN 3 Bantul yang telah menyukseskan kegiatan Wisuda Tahfidz. Semoga Allah karuniakan keberkahan untuk keluarga besar MAN 3 Bantul, tutur Rusnani. (sal)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image