Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muthiah Alhasany

Modal Paket Internet Cepat Untuk Menjadi Kreator Hebat

Teknologi | Saturday, 18 Feb 2023, 12:45 WIB
Ghozali Every Day yang viral dengan NFT (dok.okezone.com)

Mengaku sebagai kreator konten tapi keahlian pas-pasan? Duh, jangan sampai begitu. Berkecimpung di dunia digital pasti penuh dengan persaingan. Kalau tidak bisa mengimbangi, kita akan dikibas kreator lain. Saya merasakan hal ini, maka di tahun 2023 resolusi saya adalah menjadi kreator hebat. Tapi tentu saja saya harus punya modal, utamanya adalah paket internet cepat.

Kamu tentu masih ingat Ghozali. Dia meraup milyaran Rupiah dari konten foto dia sendiri yang dinamakan "Ghozali Every Day". Saya betul-betul terkesan, anak semuda itu bisa melihat peluang bisnis dengan menggunakan NFT. Padahal dia nyaris tanpa modal, kecuali paket internet cepat. Selain NFT, ada cara lain menjual foto, misalnya ke shutterstock dan sejenisnya. Di tengah resesi ekonomi ini, saya harus bisa menggunakan peluang ini untuk mencari uang untuk masa depan, oleh sebab itu saya harus menjadi kreator hebat. Modal paket internet cepat sudah menjadi suatu keharusan bagi seorang kreator konten. Sekarang bukan zamannya lagi internet lemot. Soalnya hampir seluruh aktivitas menggunakan internet. Pembuatan konten, editing hingga publikasi membutuhkan internet cepat. Dari situ, kita mendapatkan penghasilan.

Nah, perkembangan teknologi menuntut kreator konten untuk terus meningkatkan kemampuan. Masyarakat secara naluriah akan tertarik pada konten yang bagus. Kalau konten tersebut berguna baginya, biasanya akan disimpan atau dipraktikkan. Sedangkan konten yang buruk, meskipun viral, kelak disingkirkan. Sebagai contoh, video reels di Instagram seringkali menarik minat followers. Apalagi jika video itu dikemas secara apik sehingga pesan yang disampaikan diterima oleh penontonnya. Membuat video singkat yang tak lebih dari satu menit, bukan berarti digarap sembarangan. Ini memerlukan ide dan pengerjaan yang telaten. Kemampuan dasar fotografi, harus dimiliki kreator konten. Hal itu supaya foto dan video yang dibuat, hasilnya tidak mengecewakan, misalnya pencahayaan cukup, stabil dan angelnya bagus.

Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan kita untuk melakukan editing. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh melalui play store. Pastikan dahulu, kita didukung paket internet cepat untuk mengunduh. Saya sendiri mengunduh beberapa aplikasi penunjang. Tidak mudah menemukan aplikasi yang sesuai harapan. Ada kalanya kita terpaksa mengunduh berulangkali sebelum menemukan yang cocok. Untunglah dengan adanya paket internet cepat dari IndiHome, saya berhasil menemukan aplikasi yang saya butuhkan.

Pertama, saya menemukan aplikasi merger untuk menggabung beberapa video sekaligus. Sebelum saya gabung, saya edit dahulu panjang pendeknya video dengan aplikasi bawaan telepon genggam yang saya miliki. Setelah itu baru digabungkan video-video yang dipilih. Kedua, saya unduh aplikasi pengisi teks dalam video berjalan. Jadi, teks disesuaikan dengan gambar video untuk memberi penjelasan. Teks ini bisa ditempatkan di atas, bawah atau tengah. Bahkan kita juga bisa memilih warna untuk teks, serta ukuran huruf yang digunakan (font).

Ketiga, aplikasi yang saya unduh adalah pengisi suara. Ini sebagai variasi, kalau bosan menampilkan teks, maka gambar di video bisa dijelaskan dengan suara. Boleh saja diisi suara sendiri, tapi ada juga pilihan suara yang sudah disetting (robot). Sedangkan jika kita ingin menggunakan musik, tidak perlu lagi mengunduh aplikasi. Sebab, media sosial Facebook, Instagram dan tiktok telah dilengkapi dengan musik. Kita tinggal memilih lagu atau musik yang sedang tren.

Belajar lagi

Kalau konten yang kita hasilkan masih belum memuaskan, tidak ada salahnya belajar lagi. Tentunya belajar kepada orang yang lebih ahli atau berpengalaman. Dengan demikian kita tahu kekurangan yang harus diperbaiki. Siapa sih yang tidak ingin menjadi kreator hebat? Saya tak segan-segan bertanya kepada teman-teman yang lebih menguasai pembuatan konten video. Saya berharap karya saya bisa menjadi lebih baik atau meningkat. Hal ini penting untuk bisa bersaing mendapatkan pekerjaan dari brand.

Saya bersyukur dengan paket internet cepat dari IndiHome telah memungkinkan hal itu dilakukan. Kita semua yang bergelut di bidang ini patut berterimakasih kepada Telkom Indonesia yang menjembatani para kreator konten untuk menjadi lebih hebat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image