Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Novitania Pambhudi

Terapkan Smart Water Meter, Depok Unggul Soal Air Perpipaan

Bisnis | 2024-06-28 19:51:45
Dokpri

Kok bisa sih Depok terdepan soal Air Perpipaan?

Saat sebagian besar masyarakat Ibukota mengeluh harga air mahal namun debit air kecil, warga Depok justru sebaliknya. Pengelolaan air perpipaan di Depok semakin modern, maju dan jauh lebih efektif. Lho kok bisa?

Yup, itu karena Depok lebih terdepan dalam menerapkan sistem digital dalam pengelolaan air. Seiring dengan perkembangan teknologi digital di era modern, rasanya penting bagi kita untuk mulai menjaga sumber daya air dengan pendekatan yang lebih cerdas dan efisien. Salah satunya melalui sistem digital. Penerapan sistem digital dapat membantu dalam monitoring, pengelolaan, dan pengoptimalan penggunaan air secara lebih presisi.

Dengan memanfaatkan sensor-sensor pintar, Internet of Things (IoT), dan analitik data tentu memudahkan pengelola/perusahaan dalam memantau kualitas air, mengidentifikasi pola konsumsi, dan mengelola sumber daya air dengan lebih efektif. Hal ini tidak hanya akan membantu dalam konservasi air, tetapi juga dalam mengurangi pemborosan dan menciptakan keberlanjutan lingkungan lho.

Smart Water Meter sangat membantu operasional bisnis, khususnya di tingkat pelanggan untuk proses pengukuran dan pemantauan konsumsi air secara real time. Dengan SWM ini, jumlah kubik air yang dikonsumsi pelanggan terbaca secara akurat, real time dan bisa mendeteksi secara dini jika terjadi kebocoran air pipa di instalasi pelanggan.

Buat yang penasaran bagaimana penerapan sistem digital SMW dalam pengelolaan air, wajib kenalan dengan Indibiz Energi!

Indibiz Energi, Solusi Digital Smart Water Meter yang Membantu Operasional Bisnis PT Tirta Asasta Depok (Perseroda)

‘Mewariskan mata air, jangan mewariskan air mata’, begitulah semboyan yang dipegang oleh PT Tirta Asasta (Perseroda), perusahaan daerah air minum di Depok yang juga pelanggan solusi digital Antares Smart Water Meter dari Indibiz Energi.

Berpegang teguh pada semboyannya, PT Tirta Asasta terus melakukan inovasi dan perbaikan. Yes, semenjak menggunakan solusi digital Smart Water Meter dari Indibiz Energi, banyak sekali manfaat yang dirasakan terkait operasional bisnis air perpipaan. Jumlah pelanggan yang dijangkau juga semakin luas. Dari sebelumnya hanya 1.000 pelanggan di beberapa kecamatan di Depok, kini bertambah menjadi 7.000 pelanggan yang dipantau secara real time menggunakan solusi digital dari Indibiz Energi.

Semenjak menerapkan SMW, progress penambahan jumlah pelanggan PT Tirta Asasta terbilang cukup signifikan. Semula hanya piloting 1.000 pelanggan di Depok, kemudian bertambah sebanyak 7.000 pelanggan. Jadi total ada 8.000 titik pelanggan yang akan dikelola PT Tirta Asasta berkat dengan solusi digital Smart Water Meter dari Indibiz.

Adapun manfaat lain yang dirasakan setelah menggunakan solusi digital dari Telkom Group adalah brand image PT Tirta Asasta (Perseroda) yang semakin baik di masyarakat. Hal itu dapat dibuktikan dengan diraihnya penghargaan TOP BUMD Awards 2024 Perumda Air Minum Bintang 5 dan Kategori Khusus TOP BUMD 2024 Bidang Layanan Pelanggan untuk Program Gratis Pasang PDAM.

Menjadi perusahaan air minum dengan kinerja terbaik melalui pelayanan prima dan berwawasan lingkungan adalah visi PT Tirta Asasta (Perseroda) Depok. Untuk mewujudkannya, langkah konkrit yang dikerjakan adalah meningkatkan kinerja keuangan dan operasional melalui pengelolaan yang akuntabel dan profesional.

Hal itu sejalan dengan 4K yang menjadi prinsip kerja perusahaan. Pertama, Kualitas, kedua Kuantitas, ketiga Kontinuitas dan keempat Keterjangkauan. Solusi digital Smart Water Meter dari Indibiz Energi tersebut sangat membantu mengimplementasikan 4K tersebut.

Yes, ini membuktikan solusi digital Smart Water Meter dari Indibiz Energi menjadi pelengkap dari ekosistem Indibiz yang dapat dimanfaatkan untuk para pebisnis di sektor energi sekaligus memperkokoh posisi Telkom yang tengah fokus menggarap pasar business to business (B2B), khususnya para pelaku usaha di sektor penyedia air minum dan energi.

Solusi Digital Air Perpipaan Indonesia, ya Indibiz Energi!

Rasanya, terkait air perpipaan kota lainnya harus belajar dari Depok. Yup, PT Tirta Asasta (Perseroda) menjadi salah satu contoh manfaat solusi digital air perpipaan yang Indibiz Energi hadirkan.

Berkat kerjasama dengan para mitra khususnya para pelaku usaha di daerah untuk memanfaatkan digital yang Indibiz hadirkan untuk efisiensi, efektivitas dan keberlanjutan usaha. Dengan semakin banyak pelaku usaha khususnya UKM di Indonesia menggunakan solusi digital dari Indibiz Energi ini, maka peluang digitalisasi bisnis semakin tercipta lebar dan harapan memajukan perekonomian Indonesia dengan kekuatan sumber air minum yang berkualitas dapat terwujud.

So, buat para UKM jangan ragu untuk optimalkan bisnismu dengan Indibiz, Solusi Digital yang bikin bisnis makin lancar!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image