Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

DPKP Pandeglang Fokus Prioritaskan Ketahanan Pangan untuk Kesejahteraan Masyarakat

Info Terkini | Friday, 17 Feb 2023, 15:34 WIB
Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir saat melakukan Penandatanganan berita acara kesepakatan hasil Forum OPD Ketahanan Pangan, Jumat (10/02/2023)

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP didampingi oleh Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi serta Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan mengikuti kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Ketahanan Pangan Rencana Kerja (Renja) Tahun Anggaran (TA) 2024 bertempat di Aula Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

Hadir sebagai Narasumber dari Badan Pangan Nasional RI, Bappeda Provinsi Banten, Tim Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten serta dihadiri oleh berbagai unsur dari Pemerintah Daerah Kab/Kota.dan unsur lainnya termasuk BUMD Agro Provinsi Banten pada Jumat 10 Februari 2023 pekan kemarin.

Dalam kesempatan tersebut Kepala DPKP Pandeglang berkenan melakukan Penandatanganan berita acara kesepakatan hasil Forum OPD Ketahanan Pangan TA. 2024

Baca juga : DPKP Pandeglang Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan

Kepala DPKP Dr. Nasir mengatakan, ketahanan pangan di Kabupaten Pandeglang harus menjadi fokus untuk ditingkatkan guna mewujudkan pangan nasional yang berdaulat dan mandiri

“Ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas OPD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang tapi juga menjadi target kesejahteraan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Dr. Nasir, saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya menjaga ketahanan pangan diantaranya melakukan diversifikasi pangan lokal dengan meningkatkan produksi jagung, sorgum, dan singkong melalui perluasan lahan dan pembukaan area baru dalam rangka peningkatan produksi sebagai alternatif bahan pangan.

Sementara untuk pemasaran dan distribusinya, Dr. Nasir mengatakan DPKP Pandeglang telah menyelenggarakan pelayanan Pasar Tani atau Pasar Mitra Tani dalam penjualan bahan pangan melalui online maupun ofline dan tentunya dengan harga yang layak bagi produsen maupun konsumen.

“Selain itu kami melakukan operasi pasar yang bekerjasama dengan dinas maupun lembaga yang terkait untuk lebih mendekatkan akses pangan ke masyarakat,” imbuhnya

Ditambahkan, upaya-upaya tersebut dilakukan untuk memberikan rasa keadilan pada petani sebagai produsen dan masyarakat umumnya sebagai konsumen sekaligus agar ketersediaan, akses dan konsumsi pangan segar asal tumbuhan tetap dapat berjalan dengan optimal. (Tim DPKP)***

Arikel terkait : DPKP Pandeglang Gencarkan Vaksinasi PMK Bagi Hewan Ternak

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image