Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mario Sarri

Terpilihnya Erick Thohir, Era Baru Sepak Bola Indonesia

Olahraga | Friday, 17 Feb 2023, 11:44 WIB
Foto: Monitor.co.id

Publik pecinta sepak bola Indonesia dipenuhi rasa haru & bahagia. Lantaran Erick Thohir, sosok yang diharapkan bisa membenahi sepak bola Indonesia, terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027. ET mengantongi 64 suara, mengalahkan La Nyalla dengan 22 suara.

Dengan kemenangan ini, ada aura optimisme yang kuat untuk perubahan & pembenahan sepak bola Indonesia. ET juga banjir dukungan dan ucapan selamat. Pertama, dari Presiden Jokowi. ET dinilai sebagai sosok yang dapat melakukan reformasi total.

Jokowi berharap, di tangan Erick, sepak bola Indonesia dapat terus hidup, melangkah maju secara bertahap, berdaya saing di tingkat ASEAN, lalu Asia, dan dunia. Itulah harapan besar Presiden kepada Erick Thohir.

Kedua, dari Iwan Bule, mantan Ketua Umum PSSI periode sebelumnya. Iwan Bule menilai Erick Thohir memiliki segudang pengalaman di sepak bola nasional maupun internasional. Sebab itu, PSSI saat ini ada di tangan yang tepat.

Pujian juga datang dari La Nyalla Mattalitti, Ketua DPD RI sekaligus kandidat PSSI. La Nyalla berharap Erick bisa membawa dampak positif bagi PSSI, dan para mafia yang duduk exco PSSI supaya tidak masuk lagi di kepengurusan PSSI yang baru.

Pesan La Nyalla mengafirmasi bahwa Erick sosok yang bukan hanya punya pengalaman di sepak bola, tapi juga punya ‘nyali’ di dalam memimpin PSSI, membongkar masalah di tubuh PSSI, dan membenahi sepak bola Indonesia.

Blueprint Sepak Bola Indonesia

Dalam rangka menyambut era baru dan komitmennya untuk pembenahan sepak bola Indonesia, ET akan segera membuat ‘blueprint’ untuk sepak bola Indonesia. Dalam waktu dekat, ia akan menggelar serasehan sepak bola.

Pertama, serasehan itu merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi-misi bersama, menyatukan visi dan misi yang dimilikinya dengan para pelaku sepak bola. Kedua, serasehan akan dibuat dalam bentuk kelompok-kelompok bahasan.

Mulai dari soal liga 2, liga 3, perwasitan, kepelatihan, futsal, & sepak bola wanita. Jadi para pelaku sepak bola dapat mendiskusikan persoalan-persoalan sepak bola Indonesia berdasarkan kelompok-kelompok itu untuk menghasilkan visi bersama. Hasil serasehan itu akan jadi blueprint jangka pendek.

Perubahan Statuta PSSI

Selain itu, ET juga akan melakukan perubahan statuta PSSI demi pembenahan sepak bola Indonesia. Di antaranya perlunya adanya perempuan sebagai Exco PSSI. Sesuai peraturan internasional, harus ada kepengurusan perempuan dengan kouta 30 persen.

Semua hal-hal di atas sejalan dengan apa yang sudah disampaikan oleh Erick Thohir sejak sebelum KLB mengenai lima prioritas utama yang akan dibenahi oleh Erick Thohir mulai dari wasit hingga persoalan keamanan di sepak bola.

Kemenangan Erick Thohir adalah harapan kita semua untuk pembenahan sepak bola Indonesia. Maka seperti kata Erick, kemenangannya hari ini hanya akan memiliki ‘arti’ besar apabila sepak bola Indonesia mulai menunjukkan kemajuan.

Untuk itu, mari kita bersama-sama menyambut kemenangan ini dan turut mendukung kemajuan sepak bola Indonesia ke depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image