Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fitrah Tamvan020

Peranan Energi Surya Dan Metode Pemanfaatannya Berbasis Konversi Energi

Teknologi | Thursday, 16 Feb 2023, 22:14 WIB
sumber : pixabay.co.id

Sebagai mahasiswa teknik elektro dari perguruan tinggi negeri, kita harus memahami peran energi matahari dan metode penggunaannya yang berkembang saat ini berdasarkan konversi energi. Energi surya adalah energi dalam bentuk cahaya dan panas dari matahari. Energi ini dapat dimanfaatkan melalui berbagai teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, tenaga panas matahari, bangunan surya, dan fotosintesis buatan.

Teknologi energi surya secara umum dibagi menjadi dua kategori: teknologi pemanfaatan pasif dan teknologi pemanfaatan aktif. Pengelompokan ini tergantung pada proses penyerapan, pengubahan, dan pendistribusian energi matahari. Contoh penggunaan energi matahari secara aktif adalah penggunaan panel fotovoltaik dan panel pendingin. Contoh penggunaan tenaga surya pasif antara lain mengarahkan bangunan ke arah matahari, memilih bangunan dengan massa termal atau hamburan cahaya yang baik, dan mendesain ruang dengan sirkulasi udara alami.

Energi surya ini memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Selama ini penopang utama kebutuhan energi masih minyak bumi, dan tidak dapat dipungkiri minyak akan semakin langka dan mahal. Dengan semakin menipisnya sumber energi fosil tersebut, dunia saat ini beralih dari penggunaan sumber energi tak terbarukan ke penggunaan sumber energi terbarukan. Dari sekian banyak sumber energi terbarukan, penggunaan energi melalui sel surya merupakan sumber energi alternatif yang paling menjanjikan di Indonesia. Energi surya saat ini menjadi salah satu sumber energi yang sedang giat dikembangkan oleh pemerintah Indonesia, karena sebagai negara tropis, Indonesia memiliki potensi energi surya yang cukup besar. Tenaga surya luar biasa karena tidak berpolusi, tidak habis-habisnya, tidak habis-habisnya, andal, dan tidak dapat dibeli. Ada banyak cara untuk memanfaatkan energi matahari, dan kata "matahari" mengacu pada konversi langsung sinar matahari menjadi panas atau listrik untuk kita gunakan. Dua tipe dasar energi matahari adalah "sinar matahari" dan "fotovoltaik" (foto-cahaya, voltase=tegangan). Fotovoltaik surya melibatkan penggunaan cahaya untuk menghasilkan listrik. Rahasia proses ini adalah penggunaan bahan semikonduktor yang dapat digunakan untuk melepaskan elektron, partikel bermuatan negatif yang membentuk dasar listrik. Untuk memanfaatkan potensi energi surya, telah diterapkan 2 (dua) jenis teknologi, yaitu: teknologi energi fotovoltaik surya dan teknologi energi surya termal.

Pemanfaatan energi matahari di Westafel". Energi listrik sangat penting untuk mendukung aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kekurangan kebutuhan listrik saat ini dapat dipenuhi dan penggunaan bahan bakar fosil dapat dikurangi dengan menggunakan proses pembangkit listrik tradisional yang ada saat ini. Matahari adalah jumlah yang besar , Aliran energi yang stabil (tidak habis), terutama energi elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari. Penggunaan energi matahari tidak memerlukan pembakaran, sehingga tidak ada gas buang berupa gas rumah kaca. penggunaan energi matahari dicapai dengan mengubah sinar matahari menjadi panas atau listrik Untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. Penggunaan energi matahari dicapai dengan langsung mengubah sinar matahari menjadi panas atau listrik. Dua jenis dasar energi matahari adalah sinar matahari dan fotovoltaik.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengubah energi matahari menjadi listrik melalui proses konversi energi yang terjadi di panel surya dan menggunakan energi dari panel surya dengan mengisi baterai melalui solar charge controller untuk digunakan di bak cuci. Metode yang digunakan peneliti adalah studi pustaka, dimana terdapat beberapa proses pemanfaatan energi listrik panel surya pada tangki, diantaranya bagaimana sinar matahari diproses untuk mengubahnya menjadi listrik, mencari studi lapangan bagaimana proses tersebut menghasilkan listrik. Terjadi dalam memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan listrik sehingga dapat dimanfaatkan dalam bak cuci, memanfaatkan kemampuan sinar matahari untuk menghasilkan listrik. Memanfaatkan listrik tenaga surya di dalam tangki, dihasilkan oleh sinar matahari, kemudian diumpankan ke dalam modul panel surya (photovoltaics), Westafel bekerja menggunakan sensor infrared ketika sensor infrared mendeteksi adanya tangan atau objek didepannya pada jarak maksimal 12 cm maka alat akan menggerakkan water pump untuk mengeluarkan air.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image