Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fergi Nadira Bachruddin

Jadi Dessert Gorengan Terlezat di Dunia, Ini Sejarah Pisang Goreng Lahir

Sejarah | Thursday, 16 Feb 2023, 17:34 WIB
Pisang goreng renyah. Foto: Pinterest

Pisang goreng mendapat predikat terlezat hidangan penutup atau dessert yang digoreng nomor satu di dunia, bahkan mengalahkan Churos. Taste Atlas merangkum 50 makanan penutup terenak dari negara-negara di dunia berdasarkan penelitian mereka.

Di Indonesia, pisang goreng memang menjadi salah satu makanan ringan hampir pasti terfavorit masyarakat apalagi disajikan berdampingan dengan kopi atau teh. Gorengan manis ini mudah ditemukan di berbagai tempat, desa, dan wilayah di Tanah Air.

Ditilik dari sejarahnya, orang Portugis datang ke kawasan Melayu pada tahun 1511 membawa kebiasaan mengolah makanan dengan menggunakan terigu. Awalnya mereka senang sarapan pisang yang telah dibuka kulitnya.

Lambat laun, pisang kemudian dilumuri tepung, dan kemudian digoreng. Makanan ini diadopsi oleh orang Melayu termasuk Indonesia. Sebelum bercampur dengan pisang, adonan terbuat dari campuran tepung, telur, sedikit garam, dan gula.

Melalui kebiasaan itu, orang-orang Portugis membawa kebiasaan mereka dan mengenalkannya ke warga pribumi kala itu. Tidak hanya Indonesia, pisang goreng juga dapat ditemukan di Malaysia dan Singapura.

Kini pisang goreng digoreng dengan berbagai variasi mulai dari diberi topping seperti keju, susu kental manis, cokelat dan lain sebagainya. Pisang goreng juga kerap ditemukan dan dijual di warung tegal atau warung kopi.

Siapa yang langsung mau makan pisang goreng, nihhhh....

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image