Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fia Salsa Zahra

Yuk,Kenali Gejala Depresi

Eduaksi | Friday, 17 Dec 2021, 20:19 WIB
design by canva

Kalian Pasti pernah dengar kan apa itu depresi?atau kalian lah salah satu orang yang mengalami nya?sebelum kita membahas lebih jauh mari kita bahas terlebih dahulu Apa sih Pengertian depresi? Depresi adalah perasaan sedih, kecewa, kesal, marah, jengkel dalam menjalani kehidupan,depresi juga dapat mengakibatkan keputusasaan dan ketidakbahagiaan seseorang yang disebabkan oleh lingkungan atau suasana hati yang tidak seimbang. Menurut Webster Dictionary Depresi adalah “suatu kondisi emosional yang bersifat normal atau patologis,yang ciri khasnya adalah rasa kecil hati,rasa tidak mampu,dan sebagai nya.”

Nah jika kalian melihat teman atau keluarga atau saudara kalian ada yang mengalami hal tersebut mari kita berikan dukungan dan motivasi yuk dari sekarang,agar mereka tidak merasa sendiri dan lebih semangat untuk menjalani hidup.

Ilustrasi Photo by Pixabay

Depresi Berat

Depresi jenis ini sering disebut sebagai gangguan Psikotis ketiga yang marak terjadi.salah satu ciri kondisi tersebut adalah perasaan kesedihan mendalam yang dialaminya. Kondisi ini sering menyebabkan kegelisahan dan hampir mendekati keputusasaan.serta menyebabkan susah aktivitas dan berisitirahat seperti susah tidur dan tidak nafsu makan.biasanya penderita mengalami rasa cemas,menyalahkan diri dan dihantui rasa bersalah dan tidak berharga.

Ada beberapa contoh dari akibat penderita depresi,seperti : duduk dan berdiam diri di kamar selama berjam-jam dalam pikiran yang kosong, dan tidak menerima perkataan orang lain baik itu menghibur ataukah tidak.merasa masa lalu tidak berpihak padanya dan ada percobaan bunuh diri.oleh karena itu dibutuhkan bantuan psikiater yang handal untuk menangani kasus depresi tersebut.

Pentingnya sikap dan dukungan dari orang sekitar untuk menyembuhkan depresi tersebut.karena dengan begitu penderita depresi tidak merasa sendirian dan bisa mendapatkan rasa percaya diri nya dan rasa aman yang dimilikinya. Karena hanya pengertian dari orang dan lingkungan lah yang dapat menolong mereka (penderita depresi).

Macam-macam depresi

Menurut para ahli psikologi dan psikiatri ada 2 jenis depresi yang dapat dibedakan

Jenis Pertama,Depresi reaktif , yaitu depresi yang disebabkan oleh faktor eksternal yang dipengaruhi oleh lingkungan.depresi jenis ini dapat diatasi dengan saran yang membangkitkan semangat,seperti:teman yang pengertian,perhatian dari orang terdekat yang dapat dipercaya,dihibur dan kepedulian dari orang sekitar juga mempengaruhi kesembuhan depresi ini ataupun dengan hal yang sederhana seperti menonton film yang lucu atau dengan beristirahat yang cukup.

Jenis Kedua,Depresi Endogenus biasanya muncul dari pikiran kita.jenis depresi ini bisa berulang-ulang terjadi terus menerus secara berkala. Depresi endogenus bisa disebut sebagai psikosis atau simtom neurosis. biasanya penderita depresi ini mengalami kegelisahan,mudah tersinggung,susah beristirahat dan beraktivitas serta sering negative thinking.

Kemunculan Depresi

Depresi muncul disebabkan seseorang terancam akan bahaya yang dihadapinya.baik nyata ataupun khayalan.

Bentuk depresi yang dialami seseorang berbeda-beda.

Ada yang disebabkan oleh kemarahan yang ditekan,ada juga yang disebabkan karena mengubur rasa sakit yang pernah dialami.Depresi juga muncul ketika seseorang merasa dirinya teramcam dan takut kehilangan sesuatu yang diaggap nya penting,merasa dirinya hampa,dan mengambil sikap dengan menghindar berhubungan dengan orang lain.

Dampak Depresi terhadap Kesehatan

Seseorang yang mengalami depresi selalu berimajinasi dengan fikirannya sendiri,selalu menghindari orang lain,mengabaikan orang-orang terdekat mereka,tidak peduli dengan penampilan,terkurung dalam keputus asaan.tubuhnya tidak berfungsi dengan semestinya yang dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Waktu dan Gejala Depresi

Kehidupan manusia pada dasarnya memiliki tingkatan kesulitan yang berbeda ada manusia yang dapat menerima kekecewaan dengan tetap berusaha tidak terganggu,bangkit dengan cepat.ada juga manusia yang meratapi kesedihan hingga merasa di titik paling rendah.

Depresi tidak mengenal usia tidak hanya orang dewasa yang mengalami depresi,tetapi depresi bisa dialami oleh anak-anak juga.Depresi muncul dari lingkungan da perilaku orang sekitar.ketika anak tumbuh dikeluarga yang harmonis,lingkungan yang baik,dikelilingi orang-orang yang positif,maka tingkat depresi anak lebih kecil. Namun ketika anak tumbuh di lingkungan yang buruk,orang-orang yang negatif keluarga yang tidak harmonis,maka akan semakin tinggi tingkat depresi anak yang akan muncul.dan akan mempengaruhi kepribadian anak tersebut.

Semakin bertambahnya usia,tingkat depresi akan semakin meningkat.anak remaja dan orang dewasa lebih mudah mengalami depresi,karena banyaknya tekanan yang dihadapi dari berbagai hal,seperti meningkatnya tingkat kesulitan hidup dan masalah yang di hadapinya.maka dari itu mulai dari sekarang jangan lah anggap remeh depresi karena jika di anggap sepele akan berakibat fatal dampak nya.

Sumber :

Lumongga, D. N. (2016). Depresi: tinjauan psikologis. Kencana.

J.Maurus,2018,Coping with Depression Jangan Mau Kalah dari Depresi, Depok, Sleman,Yogyakarta:redaksi.shiramedia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image