Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadilah Nurul Mujahidah

The Best Mind, The Best Character

Lentera | Tuesday, 14 Feb 2023, 07:23 WIB
Berawal dari diri sendiri, lanjut baca yahh...

Sebenarnya kalimat "the best mind, the best character" adalah kalimat yang diungkapkan oleh salah satu guru aku ketika sedang mengajar di kelas. Kalimat ini mungkin bisa diartikan "memiliki pikiran yang baik adalah karakter yang baik yang kita miliki".

Kenapa? Karena pikiran itu berpengaruh kepada diri kita sendiri, kalau kita selalu memilik positif thinking kepada diri sendiri dan orang lain pastinya semua akan terasa ringan. Misalnya, ketika kita diberikan tugas oleh guru dan tugasnya bener-bener banyak, nahh...kita belum ngerjain tugasnya tapi kita udah berpikir kalo tugasnya itu susah, berpikir kalau kita enggak bisa ngerjainnya. Padahal kita belum melakukan apapun, tapi ngeluhnya udah banyak banget.

Temen-temen...ngeluh itu gak salah, tapi jangan mengeluh ketika kita belum mencoba untuk mengerjakannya. Berusaha untuk positif thinking, karena pikiran yang baik berpengaruh untuk diri kita, untuk semangat kita, dan berpengaruh juga ke penilaian kita kepada orang lain.

Ketika kita berpositif thinking kepada diri sendiri dan orang lain, hati kita pun akan merasa tenang, karena kita menanggapinya dengan pikiran yang baik, cara yang baik, dan sikap yang baik.

Hilangkan semua pikiran-pikiran yang negatif pada diri kita, mulailah untuk membuka pikiran yang positif terutama untuk diri kita dan orang yang ada disekitar kita. Hadapi semua dengan pikiran yang positif, kalau kita udah bisa mengendalikan pikiran dan diri kita itu akan menjadi karakter yang ada dalam diri kita.

Aku pun masih belajar untuk selalu berpikir yang positif kepada diri aku sendiri dan orang lain. Terkadang memang sulit, namun cobalah sedikit demi sedikit, karena semua akan terasa berbeda ketika yang ada dipikiran kita semuanya hal yang positif.

Mungkin ada tips sedikit supaya kita selalu berpikir postif:

• Jangan mengeluh sebelum mencoba

• Hadirkan hati dan pikiran yang bersih ketika bertemu orang lain.

• Bacalah buku atau sekedar quotes yang dapat memberikan motivasi kepada diri kita.

• Hadapi dengan senyuman (keep smile)

• Kalau capek, istirahat dulu sampai pikiran kita bener-bener rileks.

Semoga tipsnya bermanfaat, kalau kalian ada tips yang lain silahkan dicoba. Kita sama-sama belajar untuk menjadi orang yang lebih baik dan orang yang selalu berpikir positif terhadap apapun, dan pikiran itu bisa menjadi the best character yang ada dalam diri kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image