Yuk, Kenali Apa Itu Butterfly Hug

Image
Jihan Saniya Salsabila
Eduaksi | Friday, 17 Dec 2021, 18:35 WIB

Siapa disini pecinta drama korea? Pasti pecinta drama korea tahu drama It’s Okay Not To Be Okay? Drama ini popular di pertengahan tahun 2020, loh. Drama ini tidak hanya membahas tentang masalah percintaan, tetapi juga membahas tentang kesehatan mental. Di beberapa episode, drama ini sempat memperkenalkan kepada para penonton, yaitu Butterfly Hug.

Kira-kira, apa sih Butterfly Hug itu? Yuk, simak penjelasannya!

Pengertian Butterfly Hug

Butterfly Hug atau pelukan kupu-kupu merupakan teknik dengan cara memeluk diri sendiri guna mengurangi rasa cemas yang sedang kita alami. Butterfly Hug ini pertama kali diperkenalkan oleh Lucina Artigas saat Meksiko sedang mengalami Badai Pauline pada tahun 1980. Artigas melakukan Butterfly Hug kepada korban dari bencana alam tersebut, sehingga pelukan ini cukup membuat anak-anak mengobati trauma yang mereka alami.

Hingga saat ini, Butterfly Hug sudah banyak dilakukan oleh dokter kejiwaan dan juga psikolog sebagai terapi, dan juga banyak digunakan pada korban (baik itu anak-anak atau dewasa) saat terjadi bencana alam.

Manfaat dari Butterfly Hug

Wah, Butterfly Hug ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Diantaranya, pelukan ini dapat membuat kalian yang melakukannya saat merasa cemas, rasa cemas tersebut perlahan akan hilang. Selain itu, pelukan kupu-kupu ini dapat juga digunakan bagi orang yang memiliki trauma dalam hidupnya. Mereka yang melakukan pelukan ini, akan merasa merasakan dampak positif. Karena pelukan ini memberikan rasa tenang dan dapat mengontrol emosi yang sedang kalian alami.

Cara Melakukan Butterfly Hug

Ternyata, untuk melakukan pelukan kupu-kupu ini caranya cukup mudah, loh! Berikut penjelasan yang dapat kalian ikuti untuk melakukan pelukan kupu-kupu :

1. Angkat kedua tangan secara menyilang di depan dada, lalu letakkan ujung jari-jari ke
kedua bahu.

2. Tutup mata kalian dan bayangkan hal-hal positif, seperti tempat yang tenang, dan
sebagainya.

3. Atur napas kalian, ucapkan kalimat-kalimat positif, seperti “aku baik-baik saja” atau
senyamannya kalian saja.

4. Lalu tepukan kedua tangan kalian secara perlahan.

5. Pelukan ini dapat dilakukan 6-8 kali atau sampai kalian merasa sudah tenang.

Sekian penjelasan mengenai Butterfly Hug ini. Jika kalian merasa bahwa pelukan ini tidak terlalu mempengaruhi diri kalian, kalian bisa berkonsultasi ke psikolog ataupun psikiater, ya! Jangan meremehkan kesehatan mental kalian. Kalau kalian merasa butuh bantuan, segera cari perolongan.

Referensi :

Artigas, L., & Jarero, I. (2014). The butterfly hug. Implementing EMDR early mental health interventions for man-made and natural disasters, 127-130.

Burri, M., & Baker, A. (2016). Teaching rhythm and rhythm grouping: The butterfly technique. English Australia Journal, 31(2), 72-77.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Malu Mencantumkan Sumber Bacaan

Image

Terus Berbenah, Rutan Rembang Lakukan Perawatan Bangunan

Image

Apel Pagi dan Pemberian Reward Bagi Pegawai di Lapas Kelas IIA Ambarawa

Image

Download Versi Baru GB WhatsApp Yang Aman dan Legal Official Apk 2022

Image

Karutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel mengikuti Webinar Prison Overcrowding

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image