Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Irwansyah

Transformasi Human Capital Untuk Meningkatkan Komposisi Kinerja

Bisnis | Monday, 13 Feb 2023, 15:05 WIB

Membangun sumber daya manusia (human capital) yang tangguh merupakan pekerjaan yang sangat besar dan sulit untuk kita cerna karena perspektif orang dalam melakukan pekerjaannya tentunya berbeda beda dengan kriteria tersendiri.

Source: Pixabay.com

Apakah berinvestasi kepada sumber daya manusia human capital itu akan menguntungkan bagi kita atau bagi organisasi? Sebagian besar pimpinan perusahaan mengakui akan hal itu perlu untuk dilakukan. Semakin besar sumber daya manusia yang unggul tentunya akan berdampak pada kenaikan kesejahteraan perusahaan.

Akan tetapi perusahaan sudah banyak beralih menggunakan mesin dari pada membangun sumber daya manusia di dalam perusahaan. Mereka bilang karena konsumsi mesin dengan sumber daya manusia lebih mudah mesin dan murah biaya perawatannya, ketimbang sumber daya manusia masih membutuhkan banyak pengeluaran dalam satu tenaga kerja.

Bagaimana caranya agar manusia tidak kalah dengan mesin? Transformasi ini untuk mengunggulkan human capital dalam menjalankan pekerjaannya, dalam prose tersebut tentu banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memberikan pelatihan dalam menunjang kinerja.

Istilah kata, human capital adalah modal untuk membentuk sumber daya manusia dan apabila human capital bergeser pada lingkungan bisnis, maka mereka adalah asset bagi perusahaan yang tidak berwujud.

Secara dasar human capital dapat kita artikan sebagai modal manusia yang di mana modal tersebut merupakan kumpulan dari beberapa aspek penting seperti keahlian, kompetensi, keunggulan dan apa saja yang membentuk skill.

Kemampuan yang baik nantinya akan nilai tambah bagi perusahaan untuk memberikan fasilitas yang baik untuk melaksanakan operasional pekerjaan setiap harinya, memberikan motivasi dan melatih skill karyawan lain sebagai tombak transformasi.

Pengembangan tersebut diharapkan memberikan perubahan dan dapat meningkatkan kualitas produksi dan kualitas pelayan bagi perusahaan. Ketika pekerja tersebut tidak lagi bekerja di perusahaan masih terdapat sumber daya manusia yang lain untuk menupang atau menggantikan posisinya, karena dalam perusahaan proses produksi harus tetap berjalan.

Untuk mendukung transformasi human capital ini Sebagian perusahaan menggunakan jasa orang ketiga untuk memberikan pelatihan dan motivasi untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul serta mampu di bidang masing-masing.

Dalam aspek kepedulian terhadap kemanusiaan perusahaan perlu membangun kepercayaan terhadap karyawan agar mereka lebih leluasa berpikir dan berkarya, kenapa begitu? Di mana manusia pasti ada yang namanya titik jenuh dalam satu titik. Apa solusi yang baik? adanya tegur sapa dari pimpinan dan bawahan, adanya keakraban dan lain yang mendukung kebersamaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image