Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang

Agama | Friday, 10 Feb 2023, 17:31 WIB

Dzikir pagi dan petang merupakan salah satu cara hamba-Nya untuk mendekatkan diri dan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Terdapat dzikir pada waktu pagi dan petang sebagai amalan yang telah disebutkan dalam Al Quran Surat Al Ahzab ayat 41 sampai 42.

" Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang."

Selain itu dalam Surat Thaha ayat 130 Allah menyebutkan secara jelas waktu dzikir pagi dan petang

“ Maka sabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit, dan sebelum terbenam; dan bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam dan di ujung siang hari, agar engkau merasa tenang.”

hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, dzikir pagi dan petang hendaknya untuk selalu diutamakan dan dilakukan dimana pun.

Oleh karenanya, di SMP Al-Hikmah Boarding School Batu, dzikir pagi dan petang merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh seluruh siswa. Dzikir pagi dilakukan setelah sholat subuh berjamaan, sedangkan dzikir petang dilakukan menjelang sholat maghrib. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar dalam proses belajar mendapatkan pertolongan da dimudahkan, serta mendapatkan ridho-Nya. Selain itu juga banyak manfaat yang didapatkan ketika melakukan dzikir pagi dan petang, antara lain:

1. Mendapat Kasih Sayang Allah

2. Mendapat Ampunan Dosa

3. Mendapat Anugrah Rasa Sabar

4. Selalu Mengingat dan Diingat Allah

5. Amalan yang Disukai Rasulullah

6. Amalan Paling Baik di Mata Allah

7. Memberi Rasa Tenang

8. Pahala Seperti Haji dan Umrah

9. Jika Meninggal akan Masuk Surga

10. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

11. Terlindung dari Bahaya

12. Upaya Memohon Perlindungan

14. Menambah Rasa Khusyu’ dalam Beribadah

15. Mengingat akan Kehidupan Setelah Kematian

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image