Petani Milenial, Jual Jambu Kristal Bisa Beli Mobil dan Rumah

Image
Wayan Danaya
Bisnis | Friday, 17 Dec 2021, 11:07 WIB

Bidang agribisnis khususnya agribisnis hortikultura dewasa ini sudah sangat menjanjikan apalagi untuk para generasi milenial.

Dilansir dari PertanianPedia.com, melihat banyak potensi yang luar biasa dari salah satu agribisnis yakni budidaya jambu kristal atau biasa disebut jambu apel, bahasa promosi jambu apel memang sesuai realitanya karena jambu ini bijinya sedikit dan teksturnya lebih renyah ketika di makan dan rasanya pun manis.

Ditilik dari harga jual jambu Kristal sunpride yang saat ini sudah mencapai Rp 10.000 - Rp. 22.000 per kilogram di Market Place Nasional menunjukan nilai komoditas agribisnis ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dari penelusuran tim PertanianPedia kapasitas produksi pohon jambu Kristal rata-rata per 1 pohon waktu kita hitung itu antara 253-268 buah. Lumayan kalau 1 kilo isi 4 sampai 5 berati setiap pohon dapat menghasilkan 63 sampai 53 kg. Jika dihitung dengan harga saat ini berati setiap pohon mampu menghasilkan Rp. 630.000 sampai Rp. 1.166.000.

Selain nilai komoditas nya yang tinggi, proses penanaman dan perawatannya juga mudah. Proses pembibitan dapat dilakukan dengan cara Mencangkok dari induk jambu Kristal yang memiliki kualitas baik secara fisik dan juga secara produksi.

Tanaman Jambu Kristal sangat cocok di tanam di daerah beriklim tropis yang pastinya sangat mudah tumbuh di Indonesia utamanya di daerah dengan ketinggian daratan 50 sampai 1000 mpdl. Selain itu, lokasi penanaman haruslah memiliki kadar pH tanah 4,5 sampai 8.

Proses penanamannya yakni dengan membuat lubang tanam sesuai dengan ukuran bibit dan diamkan selama 14 hari sebelum siap ditanami.

Jangan lupa berikan pupuk kompos atau pupuk kotoran hewan yang sudah terfermentasi sepertiga bagian lubang tanam. Setelah bibit jambu Kristal ditanam jangan lupa untuk melakukan penyiraman sehari sekali dengan ketentuan cukup dan tidak berlebih.

Pemberian pupuk susulan dapat dilakukan dengan menaburkan disekeliling pohon dapat menggunakan pupuk NPK atau menggunakan pupuk kandang.

Selain itu, perlu dilakukan pembersihan gulma atau rumput liar di sekitar tanaman agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Dimasa pra panen atau ketika buah sudah muncul sebaiknya dilakukan pembungkusan buah menggunakan plastik atau menggunakan kertas agar terhindar dari hama dan penyakit.

Ketika buah sudah masak, berati sudah siap untuk dipanen. Pemanenan dilakukan pada pagi hari untuk menjaga kondisi buah tetap segar.

Selain nilai jualnya yang tinggi, jambu Kristal juga memiliki berbagai Ragam Manfaat diantaranya memperbaiki sistem pencernaan, menyehatkan kulit, sebagai bahan antioksidan dan lain sebagainya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image