Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bowo Susilo

Resolusi Keuangan 2023 Agar Finansial Tetap Sehat!

Gaya Hidup | Monday, 06 Feb 2023, 12:19 WIB
foto : www.bowosusilo.com

Resolusi Keuangan 2023 Agar Finansial Tetap Sehat – Setiap orang tentunya ingin dari segi finansialnya tetap sehat ya. Yups, enggak hanya sehat fisik dan mental, finansial pun harus terjaga dengan baik agar tetap sehat. Kalau semuanya beriringan pastinya kehidupan bisa berjalan dengan mulus. Belakangan ini kan isu soal resesi ekonomi sedang mencuat ya gengs. Apa yang terlintas di pikiran teman-teman nih? Krisis, panik, hati-hati, dan lain sebagainya.

Memang benar resesi ekonomi itu bisa kapan saja terjadi. Tapi sebagai masyarakat biasa nih ya, jangan sampai langsung panik nih ketika mendengar resesi ekonomi. Karena kalau udah panik, yang ada akan berdampak negatif pada diri sendiri. Segala sesuatu kalau dihadapi dengan rasa panik pastinya tidak akan bisa maksimal. Tetapi kalau ada permasalahan dan dihadapi dengan tenang dan berbekal dengan ilmu pengetahuan pastinya akan bisa dengan mudah dilewati.

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya nih apa sih resesi ekonomi itu? Resesi ialah kondisi dimana pertumbuhan perekonomian yang ditandai dengan melemahnya produk domestik bruto selama dua kuartal berturut-turut. Nah resesi ekonomi biasanya ditandai juga dengan meningkatnya angka pengangguran. Nah kalau semua ini terjadi yang ada perekonomian akan sangat kacau. Indonesia pernah mengalami resesi enggak sih? Pernah, tahun 1998 Indonesia mengalami resesi.

Bagaimana cara menghadapi resesi ekonomi?

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah jangan panik. Kalau kita enggak panik, pastinya bisa berfikir jernih dan mampi mencari solusi dengan baik. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi resesi diantaranya sebagai berikut:

1. Lakukan perencanaan keuangan dengan baik

Perencanaan keuangan harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Ketika mendapatkan penghasilan harus sudah tau alokasinya kemana aja. Dan pembagiannya harus dilakukan dengan bijak. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Ini akan sangat bahaya kedepannya.

2. Jangan ada pengeluaran yang tidak penting

Ketika kita tau bahwa prediksi resesi ekonomi itu ada, maka segera lakukan manajemen keuangan dengan baik. Teman-teman pasti sudah paham apa aja yang menjadi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Sebisa mungkin uang yang kita punya digunakan untuk kebutuhan primer saja. Tunda dulu untuk bersenang-senang seperti menonton konser, liburan ke luar negeri, ke salon, dan lain sebagainya.

3. Investasi leher ke atas

Investasi memang banyak banget jenisnya dan salah satunya ialah investasi leher ke atas. Tentunya sudah tidak asing lagi kan dengan investasi leher ke atas. Soalnya sering banget nih muncul di sosial media atau pada seminar-seminar gitu. Jadi, investasi leher ke atas itu artinya investasi ilmu yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan ilmu maka kita akan lebih terbuka wawasannya dan bisa mendatangkan peluang-peluang baru. Investasi leher ke atas contohnya seperti perbanyak membaca buku, ikut seminar, kursus, pelatihan, dan lain sebagainya.

4. Ikuti perkembangan teknologi dan berani mencoba hal baru

Diera yang semakin modern ini, teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat. Dan kita pun dituntut untuk bisa beradaptasi agar tidak ketinggalan dengan yang lain. Sekarang ini kebutuhan internet sudah menjadi kebutuhan primer. Makanya perlu banget paket internet cepat agar akses informasi bisa didapatkan dengan mudah.

Jujur Aku pribadi kalau enggak ada paket internet cepat yang ada kelabakan deh. Karena memang pekerjaan yang sedang Aku tekuni ini harus ada paket internet cepat. Sebagai pekerja digital yang bisa kerja dimana aja dan kapan aja memang harus didukung dengan internet cepat. Nah selama di rumah aja memang harus tetap produktif ya. Makanya urusan paket internet cepat Aku percayakan dengan IndiHome.

Yups, udah pada tau belum kalau paket internet cepat dari IndiHome tuh terjangkau banget gengs. Mulai Rp200.000-an per bulan kalian bisa tuntasin semua aktivitas online harian dengan lancar. Kebayang kan kalau paket internet tiba-tiba habis dan kalian belum langganan internet, yang ada bakal kelabakan deh.

Mumpung IndiHome lagi ada promo sampai 31 Maret 2023, mending langsung langganan sekarang juga deh. Kalian bisa juga raih diskon 50% biaya pasang baru dan nikmati juga ekstra puluhan channel TV selama 3 bulan! IndiHome dari Telkom Indonesia memang bisa banget nih menjawab kebutuhan pelanggan. Semoga pelayanan seperti ini bisa terus ada dan terus ditingkatkan.

Bismillah 2023 bebas dari resesi! Yuk semangat kelola keuangan dengan baik dan berani coba hal-hal baru!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image