Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image kkn selotapak

Menggali Proses Produksi Susu Kambing Etawa di Desa Selotapak

Bisnis | Wednesday, 01 Feb 2023, 20:46 WIB
Mahasiswa KKN melakukan proses pemerahan susu kambing etawa

Pada Rabu (01/02/2023) mahasiswa kelompok 34 KKN-P UMSIDA 2023 melakukan kunjungan ke rumah produksi susu kambing etawa yang terletak di desa Selotapak, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Selain memiliki khasiat yang banyak bermanfaat bagi tubuh, rasa susu kambing etawa pun juga enak dan bervarian.

Usaha susu kambing etawa ini berdiri sejak tahun 2013. Awal mula usaha ini hanya terdapat 3 kambing betina sedangkan kambing penjantannya meminjam ke mitra lainnya. Tiap tahunnya kambing mengalami proses pengawinan sehingga jumlah kambing meningkat sesuai dengan target.

Dari hasil kunjungan kelompok 34 KKN-P UMSIDA ke rumah produksi susu kambing etawa, dapat diketahui bahwa pemeliharaan kambing hingga proses pengemasan produk susu kambing etawa terjaga dan steril. Jika kambing tidak sehat, akan diberi suntikan vitamin dan antibiotik pada kaki kanan dan kiri. Sebelum melakukan proses pemerahan susu dilakukan pengecekan seperti cek kesehatan dan mensterilkan area puting kambing dengan kain yang telah direndam air hangat, dan barulah proses pemerahan susu kambing dilakukan dengan hati-hati.

Setelah proses pemerahan selesai, susu kambing langsung dikemas di botol yang telah disterilkan dan disaring. Terdapat beberapa varian rasa yaitu original, melon, cokelat, vanila, dan strawberry. Untuk varian rasanya menggunakan perisa makanan tanpa bahan pengawet agar khasiat dari susu kambing tetap terjaga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image