Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

Stop Hutang dan Berhutang

Agama | Wednesday, 01 Feb 2023, 09:52 WIB
Stop BERHUTANG...!!!

*Stop HUTANG dan BERHUTANG*

Bekasi City, RetizenRepublika, Jawa Barat *Nasehat Bijak*

Hutang = Pemutus Silaturahmi Paling Tajam.

*HINDARI NGUTANG!*

- Hutang Mohon 2 ...

- Hutang Marah 2 ...

- Dibiarin Pura 2 Lupa ...

*Hutang Adalah Pemutus Tali Silaturahim Yang Paling Tajam*

Sobat... JANGAN MUDAH MEMINJAM UANG

Temanmu atau Saudaramu yang punya banyak uang itu.. Bukan berarti mereka tak punya urusan, sehingga dengan mudah kita berpikir.. “Duitnya kan banyak, Aku bisa pinjem kayaknya”

Kawan-kawan.. Uang banyak itu, bukan berarti uang yang tidak untuk dipakai, atau uang nganggur, yang dengan mudahnya bisa dipinjam. Pahami.. Mereka yang uangnya lebih banyak dari kita, bisa jadi karena sabarnyapun lebih banyak dari kita, kerjanyapun lebih keras dan lebih cerdas dari kita, doa dan ibadahnya pun lebih dahsyat dari kita.

Mereka yang “PUASA” menahan diri dari membeli yang tidak perlu, karena ingin membeli sesuatu yang lebih penting dengan uang yang dikumpulkan tadi, yang harganya memang mahal. Mungkin pengin beli rumah, kendaraan dengan cara Cash tanpa Riba. Dan itu perjuangan yang tidak mudah. Uang banyak itu bukan dikumpulkan dalam sehari, dan belum tentu mereka bisa melakukan hal yang sama lagi. Hanya karena punya alasan kuat mereka bisa melakukan-nya.

Sedikit demi sedikit uang dikumpulkan untuk mewujudkan impian, Jangan tiba-tiba datang dan kemudian berusaha untuk memintanya. Jangan mudah meminjam uang jika melihat teman atau saudara sedang terlihat berada, karena jika teman atau saudara sudah meminta, maka saat itulah ia sedih dan bingung, antara memilih impian keluarganya, atau memberikan pinjaman kepada yang meminta. Belum lagi resiko yang lain. Yaitu rusaknya silaturahim, karena sesungguhnya “HUTANG adalah pemutus tali silaturahim yang paling tajam”. Karena hutang yang tak kunjung terbayar, membuat pertemanan atau persaudaraan jadi renggang, jadi hilang saudara, yang berhutang jauh lebih keras bicaranya dari yang memberi hutang. Ini bukan sindiran.. tapi pengingat juga untuk diri saya sendiri. Karena begitu banyak saya melihat dan mengalami, banyak yang sepertinya begitu mudah meminjam uang, tak peduli apakah nantinya bisa membayar atau tidak, yang penting dirinya sendiri selamat dulu, urusan sama yang punya duit dipikir belakangan.. ini bukan AKHLAK yang baik saudaraku. Sama saja kita melempar beban kepada orang lain, dan sengaja membuat orang lain jadi sulit.

Itulah kenapa Rasullulloh Sholallahu’ alaihi Wassalam yang berakhlak mulai itu, selalu berdoa untuk berlindung terhindar dari hutang. Berhutang tentu boleh, karena agama pun membolehkan dan mengaturnya, akan tetapi pikirkan dulu puluhan kali sebelum mengambil jalan “HUTANG”. Jangan sampai tidak punya persiapan untuk membayar, atau jangan sampai mengorbankan pertemanan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa Alloh maha luas rejeki-Nya.. Utamakan dulu ikhtiar dan Do’a, lalu berserah diri kepada Alloh, Andaikan nanti Alloh hadirkan orang baik yang ikhlas memberi pinjaman, maka itu adalah kemudahan, bukan jalan perusak hubungan InsyaAlloh..

Maafin maafin Sekali lagi ini bukan tertuju kepada siapapun, hanya kegelisahan saja sebagai sesama muslim melihat begitu banyak orang yang mudah berpikir meminjam uang, tapi tak siap berpikir bagaimana MENGEMBALIKAN.

Ingat apapun itu, Jauhi hutang karena hutang sesungguhnya penyakit yg amat sangat membunuhmu secara perlahan-lahan....

*Ayo Stop HUTANG dan BERHUTANG..., Segera Bayarlah Hutang sebelum ditagih di Akhirat, Na'udzubillah Min Dzalik...*

*Bahaya Orang yang enggan membayar Hutang, BERHUTANG*

Rasululloh Muhammad bin Abdullah Shallallohu 'alaihi wa Sallam Bersabda: “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham”. (HR. Ibnu Majah no. 2414 di Shohihkan oleh Al Albani). Maka jangan hutang apalagi berhutang yg aneh malah ke Lintah Darat/Renternir dan bahkan berhutang via BANK... Yang Jelas *RIBA HARAM*

*KAJIAN Jum'at intisari dari Ustadz Drs. Makmun Murod* -Hafidzhahulloh Ta'ala-, *13 Januari 2023 Masjid Nurul Huda, Irigasi Danita, Bekasi Timur, Kota Bekasi*

Raih Amal Sholeh...!!!, Sebarkan informasi ini sebanyak mungkin, SYUKRON. Barokalloh fiikum

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image