Yuk Kenali Jenis Advertiser Yang Ada di Media
Bisnis | 2023-01-26 10:38:44
Hai entrepreneur siapa sih yang tidak ingin brand bisnis nya dikenal banyak orang dan meningkatkan omzet?
Saat ini kita sudah berada di era 4.0 yang hampir semua berkecimpung di dunia digital khususnya untuk entrepreneur, rata-rata bisnis yang tidak mengikuti perkembangan jaman yang ada, akan gulung tikar.
Walaupun bisnis kamu sudah masuk ke dunia digital, belum tentu bisnis kamu akan berjalan lancar, ada banyak pesaing kamu yang mungkin memiliki popularitas lebih unggul dibandingkan bisnismu, terutama apabila bisnis kamu berenang dilautan merah.
Kalian bisa memanfaatkan iklan advertorial untuk menaikan popularitas dan jenis iklan ini mudah diterima oleh audiens.
Menurut Dunn and Barban (1996:7), Periklanan adalah komunikasi non personal melalui beragam media yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan bisnis, organisasi-organisasi non profit dan individu-individu, yang dalam beberapa cara memperkenalkan dalam pesan periklanan dan berharap untuk memberitahu atau membujuk anggota-anggota dari penerima pesan tertentu.
Iklan advertotial akan menggabungkan editorial yang memuat 70% konten berkualitas dan 30% unsur promosi, sehingga audiens tertarik terhadap iklan tersebut.
Sebenarnya kita sering menemukan iklan advertiser secara sadar maupun tidak sadar.
Baca juga: Apa Itu Iklan Advertorial? Ciri-ciri Jenis & Contoh
Jenis Iklan Advertiser
1. Comprative Review
Advertorial comparative review iklan ini biasanya berisi perbandingan antara produk kamu dengan kompetitor. Dengan tujuan untuk membantu konsumen menemukan produk yang lebih relevan.
Anda dapat menemukan kelemahan yang ada di kompetitior, lalu kamu dapat memberikan tawaran solusi dengan produk yg kamu launching.
2. Promotional
Jenis iklan yang kedua ini memiliki tujuan untuk membangun citra merek atau branding. Iklan ini biasanya berbentuk press realease.
Menurut Casa Kreatif ada tiga jenis press realease
* Basic Publicity Release yaitu memberikan informasi tentang perusahaan.
* Product Release yaitu memberitahukan produk baru, dengan tujuan soft selling atau promosi.
* Financial Release yaitu memberitahukan kondisi keuangan perusahaan. Biasanya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.
Baca juga: 3 Cara Mengirim Press Release Ke Media Nasional, Pasti Terbit
3. Advocacy Advertorial
Iklan ini menarik perhatian calon konsumen melalui kegiatan sosial. Harapan nya adalah audiens dapat terdorong untuk membeli produk merek ini
Misalnya, Unilever dukung anak muda wujudkan Indonesia lebih hijau dan lestari.
4. Panduan konsumen
Advertorial panduan konsumen bertujuan untuk memandu pelanggan agar melelakukan sesuatu dengan benar.
Misalnya, cara mencuci tas agar terlihat seperti baru, lalu dengan tujuan agar membeli produk detergen khusus untuk tas yang kamu kamu sediakan.
Baca juga: Deiryl link
So kamu mau menggunakan Advertorial yang mana nih? Daripada bingung dan tidak tahu caranya langsung aja ke Casa Kreatif yang menyediakan Jasa Press Realease yang sudah berpengalaman bertahun-tahun.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
