Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zidni Husna A

Cara Menghapus Berita di Situs Media yang Merugikan Perusahaan

Bisnis | Wednesday, 25 Jan 2023, 15:34 WIB

Sebagai owner bisnis, sudahkah Anda memeriksa reputasi perusahaan Anda? Mengetik nama perusahaan pada laman Google adalah cara yang paling mudah, secara otomatis Google akan memberikan informasi-informasi tentang perusahaan Anda.

cr. meltwater.com
cr. meltwater.com

Bagaimana hasilnya? Jangan tertegun apabila menemukan berita miring tentang perusahaan Anda, tetap tenang dan cari solusinya. Pada dasarnya media hanya memaparkan apa yang sedang ramai dibincangkan publik. Dilansir dari situs CasaKreatif, media memiliki peranan penting bagi suksesnya suatu usaha. Namun bisa juga menjadi boomerang dan mengganggu kelangsungan bisnis.

Pengaruh Berita Negatif Bagi Pebisnis

Tak dapat dipungkiri berita miring akan berdampak besar bagi kelangsungan perusahaan, baik bersifat langsung maupun tidak langsung. Beberapa dampak negatif berita miring pada perusahaan antara lain:

1. Menurunnya citra perusahaan

2. Berkurangnya kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk

3. Turunnya angka penjualan produk

4. Menghambat pertumbuhan perusahaan

5. Berkurangnya potensi mendapatkan partner bisnis maupun investor

Cara Menghapus Berita Negatif di Situs Media Online

Salah satu solusi yang bisa diambil para pebisnis untuk meredakan berita miring tentang perusahaannya yaitu dengan men takedown atau menghapus berita. Sebelum menghapus berita negatif perlu melakukan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu:

1. Jika menemukan artikel negatif atau miring pada situs berita, dokumentasikan dengan menyalin URL dan cek peringkat pada hasil pencarian. Hal ini membantu anda lebih mudah memprioritaskan langkah yang anda ambil.

2. Apabila Anda hanya menemukan satu artikel berita negatif, pastikan dahulu berita tersebut belum dipublikasikan kembali oleh situs lain.

3. Mencari kontak situs web berita tempat diluncurkannya artikel dan jurnalis yang menulis berita negatif.

baca juga : Apa Itu Public Relations dan Apa Saja Skill yang Diperlukan?

Setelah melakukan beberapa hal di atas, selanjutnya yaitu langkah-langkah menghapus atau men takedown artikel, antara lain:

1. Membuat surat pernyataan tertulis dari kedua belah pihak yaitu pihak pemilik brand dan penulis dengan tujuan menghapus berita sebagai syarat. Apabila salah satu pihak tidak berkenan menyetujui pernyataan tersebut, maka buat seakan-akan kedua belah pihak menyetujui.

2. Mengirim surat pernyataan pada pimpinan redaksi melalui kontak email yang ada di situs berita.

3. Tunggu respon dari redaksi, kemudian pastikan kembali berita anda tidak lagi tayang di situs berita tersebut.

Ini beberapa cara menghapus berita negatif yang dapat merusak citra perusahaan, setelah berhasil men takedown berita negatif perusahaan, Anda bisa membuat artikel klarifikasi untuk memperbaiki citra perusahaan. Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa press release, salah satunya yaitu CasaKreatif, anda akan mendapat berbagai keuntungan dan kemudahan dari tim profesional dengan harga berlangganan yang terjangkau.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image