Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Defi shafira

Apa Itu Public Relations dan Apa Saja Skill yang Diperlukan ?

Eduaksi | Monday, 23 Jan 2023, 13:07 WIB

Apa itu Public Relations ? Definisi Public Relations sendiri dari dua kata yaitu Public yang berarti Public/Masyarakat/Khalayak Eksternal, sedangkan kata kedua yaitu Relations yang berarti Hubungan/Keterkaitan. Jadi jika ditarik secara garis besar pengertian Public Relations yaitu Hubungan dengan publik atau khalayak umum. Kegiatan Public Relations memilik istilah lain yaitu Humas yaitu kependekan dari Hubungan Masyarkat.

Apa itu Public Relations ?

Sebuah perusahaan pasti memiliki bagian seperti PR/Humas sehingga mereka dapat memelihara hubungan mereka dengan publik. Public Relations ini juga dapat disebut dengan profesi yang bertugas untuk berinteraksi dengan pihak eksternal dari sebuah perusahaan.

Skill Yang Dibituhkan Seorang Public Relations

seorang public relations dikatakan berhasil jika telah mendapat pandangan khalayak seperti yang diharapkan. untuk menciptakan hal tersebut seorang public relations membutuhkan beberapa kemampuan/skill yang harus mereka kuasai.

Berikut skill yang harus dimiliki dan dikuasai seorang public relations :

1. Komunikasi yang baik

Kemampuan berkomunikasi pasti telah dimiliki oleh sebagian besar orang, namun seorang public relations haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena menyangkut dengan tugas pada profesi tersebut yaitu memelihara hubungan baik dengan masyarakat. Selain skill komunikasi yang baik seorang public relations wajib memiliki etika dalam komunikasi secerti meontrol emosi saat berbicara dengan lawan.

2. Analisis Permasalahan

Menganalisis sebuah permasalahan juga skill yang harus dimiliki oleh seorang public relations. Sebuah perusahaan pasti pernah terjerat pada suatu permasalahan, nah sebagai public relations kita harus bisa mengontrol masyarakat untuk tidak salah paham kepada perusahaan kita akibat permasalahan yang telah terjadi.

3. Media Sosial

Saat ini zaman sudah berubah menjad era 5.0 yang dimana segala bentuk promosi atau kegiatan banyak beralih digital. Maka seorang public relations haruslah memiliki kemampuan sosial media agar tidak ketinggalan berita terkini.

4. Kerja Sama

Hal ini juga sangat diperlukan karna dengan kerja sama kita dapat belajar bagaimana memahami karakter seseorang. Diawalai dengan kerja sama yang baik dengan sesama tim perusahaan maka perlahan seorang public relations juga dapat menjalin kerja sama jika ada suatu pekerjaan yang menyangkut pihak eksternal.

5. Kemampuan Bernegosiasi

Skill yang terakhir ini juga sangan berhubungan pada point ke 4 karena kemampuan bernegoisasi membuktikan apakah hal yang kita sampaikan kepada lawan bicara dapat terrealisasi dengan kemampuan bernegosiasi.

Bagaimana Tugas Seorang Public Relations ?

Profesi seorang public relations pada saat ini mulai banyak diminati. adapun tugas seorang PR dibawah ini :

1. Menciptakan citra positif perusahaan

Setiap perusahaan tentunya perlu mendapat tanggapan baik di masyarakat atau khlayak. Perusahaan tersebut dapat dipercaya layanan/jasa/produk nya diawalai dengan bagaimana seorang public relations pada perusahaan tersebut menciptakan citra yang positif.

2. Berinteraksi dengan pihak eksternal/khalayak umum untuk mempertahankan citra perusahaan

Seperti pada definisi dasar yaitu relations atau hubungan yang membuat seorang public relations tidak akan lepas dengan tugas berinteraksi dengan masyarakat/khalayak. Bukan sekedar berinteraksi, namun interaksi seorang public relations harus menciptakan benefit yaitu mempertahankan citra perusahaan.

3. Memberikan informasi up to date perusahaan kepada khalayak

Public relations juga memiliki tugas untuk memberikan informasi terbaru atau berita terkini tentang perusahaan, agar masyarkat mengetahui apa saja pencapaian yang telah diraih oleh perusahaan. Informasi tersebut tidak hanya besrisi tentang identitas perusahaan namun juga berisi hal apa saja yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan perusahaan nanti.

4. Menganalisis permasalahan perusahaan yang timbul dan berkaitan dengan pihak eksternal

Hal ini selaras dengan skill yang harus dimiliki sorang public relation yaitu mampu menganalisis suatu perusahaan dan mencari solusi. Kemudian setelah menemukan solusi seorang public relations melakukan tahap berikutnya seperti Tindakan apa yang harus dibuat setelah permasalahan tersebut agar mengembalikan citra perusahaan sebelumnya.

5. Melakukan klarifikasi persoalan pada perusahaan

Jika sebuah perusahaan merasa telah bermasalah dengan pihak eksternal yang menyebabkan citra perusahaan berubah, maka dengan cepat dan tanggap seorang public relations harus melakukan klarifikasi untuk memperbaiki berita yang simpang siur tentang perusahaan tersebut.

Sumber :

Apa itu Public Relations?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image