Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ahmad muttaqillah Muttaqillah

Geliat Nasdem Terus Diamati dengan Hati yang Berdebar-Debar

Politik | Wednesday, 25 Jan 2023, 10:00 WIB

Perhatian penagamat politik pada Nasdem kian ramai. Pasalnya adalah sebagai partai pendukung pemerintah yang berkuasa, ia mengambil langkah asing, yaitu mencalonkan Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Bukan saja asing tapi menjadi luar biasa.

Dunia perpolitikan Indonesia berubah 180 derajat, mengalihkan perhatian kepada Nasdem. Di tengah sorak-soraii pendukung Joko Widodo ingin 3 periode masa jabatan presiden. Partai itu sangat berani mengambil kebijakan. Langkah berani itu membuat terkaget-kaget koalisi pemerintahan saat ini, terutama pendukung wacana Presiden Joko Widodo 3 periode.

Ada yang menyatakan tidak elok apa yang dilakukan Nasdem saat ini, sehingga ada saja yang ingin agar Nasdem didepak dari kabinet koalisi. Namun demikian Presiden Joko Widodo tampaknya enggan untuk mengganti atau meresuffle kabinet gara-gara Nasdem.

Banyak orang tahu bahwa kemenangan Presiden Joko Widodo pada pencalonan presiden RI pada waktu lalu adalah salah satunya atas dukungan Nasdem yang luar biasa. Pengorbanan yang besar dari Surya Paloh sebagai Pembina Nasdem tak sedikit. Baik spiritual dan material Bos Media Group itu memberikan banyak dukungan.

Di sinilah jasa Nasdem di bawah asuhan Surya Paloh tetap Eksis, mengapa? Karena Presiden Jokowi tahu mengenai jasa-jasa mereka, khusunya Bos Media Group itu. Dan Pak Presiden pasti tahu bahwa memang sudah saatnya kekuasaan yang diembannya akan berakhir. Hanya saja pendukungnya berbeda pandang sehingga ingin menggadangnya sampai 3 periode, walupun Undang-Undang yang berlaku saat ini belum memungkinkan untuk itu.

Sebenarnya Pak Joko Widodo tahu bahwa partai koalisinya di akhir masa jabatannya bersiap menyongsong Pemilu 2024 sebagai suatu kewajaran. Sudah saatnya parta-partai itu bersiap siaga menyongsong pemilu. Dengan demikian para meneteri Nasdem akan tetap aman di lingkup koalisi kekuasaan saat ini.

Sekalipun demikian keadaan perpolitikan Indonesia begitu ramai, tetapi fokus para pengamat pada Nasdem semakin kuat. Apakah konsistensi Nasdem kokoh mencalonkan Anies Baswedan sebagai Capres? Semua dalam pengamatan baik dari dalam maupun politisi luar negeri. Tidak ketinggalan buzzer-buzzer istana pun terus mengintip Nasdem dan Anies Rasyid Baswedan dengan hati yang berdebar-debar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image