Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Puji Lestari

Guru MTsN 3 Bantul Ikuti Pelatihan Membuat Sabun dari Minyak Jelantah

Eduaksi | Tuesday, 24 Jan 2023, 23:15 WIB

Bantul (MTsN 3 Bantul) - Mengawali semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023 MTsN 3 Bantul kembali menggiatkan program Adiwiyata. Untuk mendukung program tersebut, maka Puji Lestari, guru IPA MTsN 3 Bantul sekaligus sebagai waka kurikulum mengikuti program pelatihan membuat sabun dari minyak jelantah pada Ahad, 22 Januari 2023 di serambi Masjid Ad-Dakwah.

Pelatihan membuat sabun dari minyak jelantah diikuti oleh forum ibu-ibu masjid ad-dakwah, kerjasama dengan PPM Universitas Ahmad Dahlan. Bertempat di serambi dan halaman masjid, pelatihan dilakukan oleh Tim dipimpin oleh dosen Fakultas Ekonomi UAD, Aditya Rechandy Christian, SE, MM. Acara pelatihan berlangsung cukup menarik, seru, dan antusias karena banyak pertanyaan dari peserta.

Narasumber Aditya Rechandy Christian, SE, MM, memberikan materi pelatihan

Minyak jelantah, sebagai bahan utama proses pembuatan sabun dengan tujuan agar minyak jelantah tidak dibuang sembarangan sehingga dapat mengganggu ekosistem lingkungan. Bahan-bahan yang digunakan antara lain: minyak jelantah (450 gram); Arang; soda api (82 gram); air (171 gram) dan bahan pewangi. Sedang alat yang digunakan antara lain: gelas takar; pengaduk kayu; timbangan; wadah tahan panas; cetakan; saringan dan kain. Untuk yang membuat, sebaiknya memakai masker, sarung tanga, dan kacamata sebagai alat pelindung.

Proses pembuatannya mula-mula masukkan 171gram air ke dalam wadah (selain dari bahan alumunium), kemudian masukkan 82gram soda api, aduk dengan pengaduk dari kayu hingga bening. Selanjutnya masukkan minyak jelantah yang telah disaring dan diabsorbsi dengan arang. Aduk terus, kurang lebih 15 – 30 menit, hingga cairan mulai menggental. Campurkan pewangi, dan masih diaduk. Setelah campuran mengental dan cenderung berwarna putih, lanjut dituang pada cetakan sabun. Tunggu 1-3 pekan, sabun siap dipakai. Dikarenakan sabun berasal dari minyak jelantah, maka sabun hanya digunakan untuk mencuci baju, bukan untuk sabun mandi.

Proses pembuatan sabun dari minyak jelantah

Setelah berlangsung kurang lebih 2 jam, pelatihan selesai. Dan semua peserta mendapat bingkisan sabun hasil pembuatan pada hari itu. Puji Lestari, dalam tanggapannya sebagai peserta pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan membuat sabun dari minyak jelantah cukup mudah dilaksanakan, menarik dan sangat bermanfaat. Hanya memang perlu lebih hati-hati jangan sampai terkena soda api, karena bisa menyebabkan perih di kulit. Selanjutnya kegiatan semacam ini akan di terapkan nantinya pada siswa-siswi MTsN 3 Bantul, untuk meningkatkan ketrampilan, wawasan, serta memanfaatkan minyak jelantah agar tidak merusak lingkungan. Kegiatan ini dirasa cocok untuk MTsN 3 Bantul sebagai madrasah adiwiyata. (Pjl)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image