Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alaska

SMP Negeri 1 Tirtajaya Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

Sekolah | Sunday, 11 Jun 2023, 02:20 WIB
Foto depan SMPN 1 Tirtajaya

Pemerintah Republik Indonesia sangat memperhatikan betul tentang kelestarian lingkungan, mengingat banyak program yang ditawarkan. Baik kepada masyarakat sebagai individu, maupun kepada organisasi atau institusi. Salah satunya adalah program Adiwiyata yang pertama kali dicanangkan tahun 2005 untuk pulau Jawa. Dewasa ini, disadari bahwa berbagai upaya yang telah, sedang dan akan dilakukan dalam pendidikan lingkungan hidup perlu dicermati oleh seluruh pemangku kepentingan agar efektivitas pengembangan pendidikan lingkungan hidup menjadi lebih terencana, konsisten dan terstruktur.

Program Adiwiyata adalah salah satu program yang digencarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong terwujudnya kesadaran warga dalam melestarikan lingkungan sekitar. Dengan diadakan program adiwiyata, diharapkan seluruh warga sekolah dapat berpartisipasi dalam menjadikan lingkungan menjadi sehat serta untuk membangun kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat yang nyaman bagi warga sekolah. Lebih dari itu, program adiwiyata merupakan salah satu upaya dalam penyelamatan lingkungan sekolah.

SMP Negeri 1 Tirtajaya merupakan satu-satunya sekolah menengah pertama di wilayah Karawang yang diundang langsung ke Gedung Sate untuk mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi dari Gubernur Jawa Barat pada tahun 2021.

Penghargaan tersebut, diterima oleh SMP Negeri 1 Tirtajaya setelah memenuhi berbagai indikator penilaian. Di antaranya, kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup, kurikulum sekolah berbasis lingkungan hidup, kegiatan lingkungan di sekolah berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

Saat ini, sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, sedang bersiap menuju sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. SMP Negeri 1 Tirtajaya terus berusaha memenuhi semua hasil evaluasi dari tim juri pada penilaian sekolah adiwiyata tingkat provinsi kemarin.

“Dengan kerjasama dan kepedulian semua warga SMP Negeri 1 Tirtajaya saya yakin apapun cita-cita kita ke depan pasti dapat diraih. Saya sangat berharap kerja sama dan kepedulian semua warga SMP Negeri 1 Tirtajaya terus ditingkatkan demi tercapainya cita-cita bersama,” " Ujar H. Dedi Kurnia, S.Pd.Ek., Kepala SMP Negeri 1 Tirtajaya.

Tambahnya, dengan adanya pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, serta program kecintaan lingkungan dan pemaksimalan peran Kader Adiwiyata Siswa, diharapkan seluruh siswa juga lebih berpartisipasi aktif dan lebih cinta lagi akan lingkungan sekolahnya.

"Tujuan utama program adiwiyata sebenarnya, yaitu agar warga sekolah cinta dan peduli akan lingkungan sekolah, baik guru, staaf TU, siswa, caraka, dan warga sekitar. Nantinya semua warga sekolah bisa merasa betah dengan keadaan sekolah yang asri, bersih dan dan indah. Proses belajar pun akan nyaman. Masalah penghargaan itu mah bonus." Pungkasnya.

Pernyataan kepala SMP Negeri 1 Tirtajaya mengingatkan dengan selogan, “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita”. ‘Jaga alam’ mengandung makna bahwa semua pihak juga harus aktif dalam merawat alam atau lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, karena pada akhirnya alam juga akan merawat kita jika kita jaga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image