Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andy

Hergun: Peresmian Sekber, Awal Penguatan Koalisi Gerindra-PKB Hingga Daerah

Politik | Monday, 23 Jan 2023, 19:16 WIB
Ketua DPP Partai Gerindra menghadiri peresmian Sekretariat Bersama (Sekber), di Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (23/1/2023)

JAKARTA - Partai Gerindra dan PKB telah meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber) di Menteng Jakarta Pusat pada Senin (23/1/2023). Peresmian tersebut langsung dipimpin oleh Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra dan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan atau yang biasa disapa Hergun menjelaskan, peresmian Sekber Gerindra-PKB untuk memperkokoh komitmen koalisi yang sudah dideklarasikan beberapa bulan yang lalu.

Sebagaimana diketahui, pada Agustus 2022 Gerindra-PKB mendeklarasikan koalisi dengan menandatangani piagam deklarasi yang berisi komitmen untuk saling mendukung dalam menghadapi Pemilu 2024. Kebersamaan kedua partai juga dapat dilihat dengan melakukan pendaftaran secara bersama-sama ke KPU, serta saling melakukan kunjungan antara kedua ketua umum dalam acara resmi masing-masing partai.

“Kehadiran Sekber untuk memperkuat koordinasi, komunikasi, serta menunjukkan kedudukan yang sejajar dalam perumusan strategi dalam menghadapi Pemilu 2024,” kata Hergun yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR-RI kepada awak media di Jakarta di sela-sela peresmian Sekber.

Kapoksi Fraksi Partai Gerindra di Komisi XI DPR-RI itu juga menyatakan, selain menjadi wadah untuk pemenangan Pemilu 2024, Sekber juga berfungsi sebagai platform perjuangan bersama untuk menggabungkan pandangan, dan program masing-masing partai untuk membangun Indonesia dalam bingkai persatuan sebagaimana yang tercantum dalam piagam deklarasi koalisi Gerindra-PKB.

“Pembentukan Sekber ini merupakan wujud langkah konkret dari Gerindra dan PKB untuk saling menguatkan dan membesarkan dalam menatap Pemilu 2024, serta untuk mengimplementasikan 5 poin piagam deklarasi koalisi Gerindra-PKB,” tegas Hergun.

Adapun 5 poin piagam deklarasi koalisi Gerindra-PKB, yaitu :

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam pemilu serentak tahun 2024.

2. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/ Ketua Umum Partai Gerindra H.Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB H.Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati.

Kapoksi Fraksi Partai Gerindra di Baleg DPR RI itu lebih lanjut menyatakan, Sekber tersebut menjadi permulaan kerja dari Koalisi Gerindra-PKB dalam menghadapi Pemilu 2024. Setelah peresmian di Jakarta, selanjutnya kedua partai juga akan membentuk sekber-sekber serupa di seluruh penjuru Tanah Air.

“Kami menginginkan komitmen tersebut bisa selaras dari pusat hingga ke daerah-daerah. Untuk itu, akan dibentuk sekber di seluruh penjuru tanah air sehingga kerja sama koalisi ini akan semakin kokoh dan mengakar hingga ke tingkat terbawah,” Kata Hergun.

Politisi yang berangkat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV yang meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi itu menegaskan, koalisi Gerindra-PKB diharapkan menjadi kerja sama politik yang akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Partai Gerindra dan PKB sebagai dua pihak yang saling melengkapi untuk menghadapi kontestasi nasional, serta masih membuka diri masuknya parpol lain yang ingin bergabung.

“Membangun Indonesia menjadi lebih baik membutuhkan kebersamaan dengan berbagai pihak. Untuk itu, koalisi ini masih terbuka dan akan menerima parpol-parpol lain yang ingin bergabung. Mari kita bersama-sama membangun Indonesia untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera,” pungkas Hergun.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image