Cepat Adaptif Saat Pandemi, Kinerja Pertamina Terjaga Baik

Image
elba damhuri
Bisnis | Wednesday, 15 Dec 2021, 20:15 WIB
Kinerja Pertamina: Pertamina mencatat kinerja meyakinkan pada semester I 2021 dengan tetap meraup laba di atas 180 juta dolar AS. Aksi korporasi yang adaptif dan dinamis berdampak pada bagusnya kinerja keuangan Pertamina, BUMN bidang migas andalan Indonesia ini.

PT Pertamina (persero) masih mencatat kinerja meyakinkan pada semester I 2021 meski tekanan akibat pandemi begitu kuat. Kebijakan adaptif dan dinamis Pertamina mampu menjaga profil keuangan perusahaan migas milik negara (BUMN) itu.

Pertamina mampu meningkatkan produktivitas kerja yang tercermin dari laba bersih semester I 2021 sebesar 183 juta dolar AS.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan seluruh pencapaian Pertamina ini tidak terlepas dari hasil dan manfaat restrukturisasi yang dijalankan secara solid oleh direksi dan manajemen subholding.

"Restrukturisasi berjalan lancar dimana legal endstate untuk beberapa subholding telah tercapai dan dalam proses penyelesaian keseluruhan tahapan," kata Fajriyah seperti dikutip republika.co.id edisi Agustus 2021 silam.

Hal ini pun sejalan dengan arahan dewan komisaris yang secara konsisten memastikan Pertamina melakukan berbagai inovasi untuk mendorong peningkatan produktivitas, efektivitas dan efisiensi dalam setiap proses operasional dari hulu ke hilir.

Sebagai bagian dari BUMN, lanjut Fajriyah, Pertamina harus mengemban tugas mulia sebagai penggerak perekonomian nasional. Pertamina menjalankan seluruh operasional bisnis perusahaan dan mengutamakan produk dalam negeri.

"Hal itu terlihat dari rata-rata Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Pertamina yang mencapai lebih dari 57 persen, jauh di atas target 30 persen," kata Fajriyah.

Pertamina dapat menjaga keberlangsungan hidup 1,2 juta tenaga kerja langsung. Selain itu, Pertamina menciptakan efek berganda terhadap sekitar 20 juta tenaga kerja secara tidak langsung.

Peran Pertamina pada perekonomian nasional juga sejalan dengan peran BUMN sebagai lokomotif pembangunan. Menurut Menteri BUMN, Erick Tohir, sepertiga dari ekonomi Indonesia digerakkan dari BUMN.

Bahkan, sumbangan BUMN kepada negara selama 10 tahun terakhir mencapai angka fantasis yakni sebesar Rp 3.290 Triliun.

"Tidak hanya dividen kita berikan kepada negara untuk kesejahteraan rakyat, tetapi juga layanan kepada masyarakat kita lakukan. Baik yang namanya CSR dan di masa pandemi COVID-19 ini BUMN terus berjalan," ujar Erick.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image