Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Tips Promosikan Produk Bisnis Menggunakan Media Sosial

Bisnis | Thursday, 19 Jan 2023, 10:38 WIB
Talkshow Kewirausahaan Saudagar Muda Bimawa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Eka Marcella)

Media sosial menjadi wadah untuk membangun hubungan dengan banyak orang, tak terkecuali konsumen. Melalui media sosial, konsumen bisa berkomunikasi secara langsung terkait produk barang atau jasa yang dijual oleh seseorang. Sebagai pengusaha, pemanfaatan media sosial dapat memudahkan dalam memberi umpan balik kepada konsumen secara interaktif dan cepat. Hal tersebut tentu saja menjadi strategi yang ampuh untuk menaikkan kurva penjualan.

Di samping pemanfaatan media sosial, memiliki manajemen keuangan yang baik juga sangat diperlukan seseorang yang baru memulai bisnis. Jika pengelolaan keuangan tepat, maka pemilik usaha dapat mengatur aset yang dimiliki untuk memberikan nilai keuntungan. Dengan begitu, kelangsungan usaha bisa lebih terjaga baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Berdasarkan hal tersebut, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menggelar Talkshow Kewirausahaan Saudagar Dahlan Muda dengan tema “Strategi Meraih Keuntungan dengan Pemanfaatan Media Sosial dan Bijak Mengelola Keuangan Usaha di Era Society 5.0”. Bincang virtual ini tayang di kanal YouTube resmi BIMAWA UAD pada Kamis, 12 Januari 2022.

Acara tersebut menghadirkan Asraf Nayif Abdullah mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen UAD sekaligus Founder M.A.C.O Corporate dan Dwi Yumiana mahasiswa Prodi Akuntansi UAD sekaligus CEO Djiwa_bouquet. Baiq Ananda Putri yang merupakan mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat dan peraih beasiswa Cendekia BAZNAS 2021 bertindak sebagai moderator yang memandu berlangsungnya talkshow.

Asraf pemilik usaha Madu Mantanmu atau Madu Kalimantan Murni yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman, serta Ide id yaitu digital marketing advertising, kepada para audiens khususnya mahasiswa, mengenalkan cara berbisnis tanpa mengesampingkan perkuliahan. Ia secara gamblang menjelaskan cara memulai bisnis, pemilihan nama usaha yang menarik, penentuan segmen pasar yang tepat, promosi yang baik dan benar, hingga strategi dalam berbisnis di era 5.0.

“Pemanfaatan media sosial untuk promosi produk sangat penting. Salah satunya dapat menggunakan WhatsApp Marketing,” paparnya. Ia menjelaskan ada trik yang menurutnya cukup ampuh yaitu teknik sepertiga.

“Kami menggunakan teknik soft selling, jadi sepertiga pertama mempublikasi postingan yang tidak berhubungan dengan produk sebagai contoh bisa berupa postingan jalan-jalan dan lain-lain. Sepertiga kedua barulah isikan produk, dan sepertiga berikutnya isikan konten pengetahuan mengenai produk kami. Dari pengalaman kami, teknik tersebut ampuh untuk menaikkan trafik penjualan.”

Lebih jauh Asraf pun menjelaskan terkait cara bijak mengelola keuangan yang kemudian dilanjutkan oleh Yumiana yang juga menjelaskan teknik penjualan di sosial media dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. (eka)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image