Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanifah Khoirunnissa

Jaga Keselamatan Kerja, ASN Kementerian ESDM Ikuti Pelatihan K3 Perkantoran di PPSDM Migas

Eduaksi | Wednesday, 18 Jan 2023, 14:30 WIB
Jaga Keselamatan Kerja, ASN Kementerian ESDM Ikuti Pelatihan K3 Perkantoran di PPSDM Migas. (Dok. Humas PPSDM Migas).

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menjalani Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perkantoran Angkatan 1 di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) secara daring selama tiga hari berturut-turut, mulai Selasa, 17 Januari 2023. Pelatihan tersebut terdiri dari sesi pre-test di bawah arahan Agus Sugiharto, kemudian dilanjutkan dengan sesi materi oleh pengajar yang ahli di bidangnya.

Materi pertama yang diberikan yakni Materi Kimia Api yang dimulai dari pembahasan mengenai penyebab dan data kasus kebakaran, dasar hukum departemen tenaga kerja, pengertian api dan kebakaran, hingga jenis kebakaran serta prosedur dan metode pemadaman kebakaran.

Hardiyono, sebagai pengajar dalam pelatihan ini, dalam materinya juga menyampaikan sejumlah saran bagi para pegawai ketika terjadi peristiwa kebakaran. Salah satunya, himbauan agar setiap individu dapat melakukan tindakan preventif atau pencegahan, dan tidak panik. Sebab, seseorang yang panik akan lebih cepat kehabisan oksigen. Ia juga menghimbau kepada pegawai perempuan agar tidak menggunakan sepatu hak tinggi, karena dapat menghambat gerak ketika terjadi kondisi darurat seperti kebakaran.

"Terutama di perkantoran ya, kita harus mengubah mindset kita. Kadang, kita melakukan hal-hal di luar kemampuan kita, maka sering dari hasil investigasi yang dilakukan itu rata-rata (sebagian besar) karena human factor, dalam arti kita tidak tahu (paham) bagaimana harus menyelamatkan diri dari peristiwa kebakaran", ujarnya.

Sementara itu, berkaitan dengan dokumen-dokumen penting seperti ijazah serta dokumen penting lainnya, tidak disarankan untuk menyimpannya di kantor, karena kantor bukanlah tempat yang aman.

Para peserta tampak antusias dengan materi yang diberikan, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi.

Salah satu pertanyaan datang dari Nasim, salah seorang peserta dari Inspketorat Jenderal KESDM. Ia bertanya mengenai tiga unsur kebakaran (api; oksigen; panas dan bahan bakar), bagaimana apabila salah satu di antaranya tidak ada. Yang kemudian dijawab oleh pemateri bahwa apabila ada yang tidak terpenuhi dari ketiganya, maka kebakaran tidak akan terjadi.

Pelatihan ini diharapkan mampu memberi pencerahan serta informasi yang tepat guna kepada para peserta dalam rangka menjaga keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja mereka (perkantoran).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image