Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IndonesiaPos

Mini Expo Stimulan RT, Bukti Keberhasilan Program Unggulan Pemkot Bontang

UMKM | Wednesday, 18 Jan 2023, 12:46 WIB

Kelurahan Bontang Kuala menggelar Mini Expo Stimulan RT yang diadakan di Halaman Kantor Kelurahan Bontang Kuala pada Senin (16/01/23). Mini expo dibuka langsung Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang, Najirah dan dihadiri Ketua Dekranasda Bontang, Kepala OPD, Danramil 0908 Bontang, Kapolsek Bontang Utara, unsur Kejaksaan Negeri Bontang, seluruh Camat serta Lurah se-Bontang.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dalam mendukung salah satu program unggulan Pemerintah Kota Bontang yakni Bontang Bangkit (bangkit dan maju ekonominya), pariwisata maju, umkm bangkit, dimana hasil produksinya sudah mulai terlihat dan tentunya dapat memberdayakan dan meningkatkan gairah perekonomian keluarga di masing-masing RT.

“Tujuan stimulan ini dimaksudkan untuk peningkatan ekonomi keluarga, dan akan dilaksanakan sampai seterusnya, agar perekonomian jadi stabil,” tegas Najirah.

Suiza Ixan Saputro, Lurah Bontang Kuala mengatakan, di mini expo ini memamerkan hasil dari pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan pada tahun 2022 lalu menggunakan anggaran Stimulan RT yang melekat di kelurahan.

“100% realisasi fisik dari dana stimulan RT dapat digunakan dengan baik. Khususnya untuk Urban Farming, pembelian alat dan bahan produksi serta pelatihan sehingga UMKM bisa lebih berkembang,” jelas Suiza.

Melalui Mini Expo ini, ia berharap para UMKM bisa mengenalkan dan mempromosikan dagangannya lebih luas. Sehingga, produk yang mereka buat bisa dijangkau masyarakat luas.

“Setelah dibantu membuat produk, kita juga bantu dari segi pemasaran. Termasuk mini expo yang kita buat ini bagian dari cara pemerintah hadir untuk memasarkan,” bebernya.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengatakan, kegiatan ini seharusnya bisa menjadi contoh bagi Kelurahan lain.

Sebab ini merupakan salah satu strategi dan alternatif yang efektif dalam mengembangkan UKM.

Karena kegiatan mini expo ini menjadi pasar bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk unggulan setiap masing-masing RT.

"Ini harus jadi contoh untuk yang lain. Karena ini salah satu upaya kelurahan membangkitkan roda perekonomian UKM di tingkat RT," jelasnya.

Mini Expo Stimulan RT memamerkan 20 Kelompok Usaha Bersama (Kube), mulai dari produksi pakaian, kuliner, hiasan, tas, aksesoris, hingga pengembangan kemasan produk unggulan olahan hasil laut. Produk tersebut merupakan hasil produksi rumahan di wilayah Bontang Kuala.

Amel, salah satu warga Bontang Kuala mengatakan, event ini ia ketahui dari grup RT. “Kebetulan rumah saya depan SMPN 1, jadi saya langsung ke Kelurahan Bontang Kuala bersama anak saya. Jajan sekalian lihat-lihat. Alhamdulillah kegiatan ini sudah banyak yang tahu, terutama warga Bontang Kuala, ” jelas Amel.

Sementara itu, salah satu peserta Kube merasa senang dengan adanya kegiatan mini expo ini, “Saya senang akhirnya bisa memamerkan sekaligus menjual hasil tangan saya. Dengan dana Stimulan RT saya dapat mesin jahit. Saya bikin bervariasi, seperti tas, keset, dan ikat rambut. Kemudian tidak memakan banyak biaya, karena produk saya kebanyakan pakai kain perca yang digunakan dengan maksimal,” beber Hernawari.

Lebih lanjut Ketua RT 13, bapak Kamaruddin menerangkan, kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Adanya Program Stimulan RT ini, pemberdayaan masyarakat sekitar bisa lebih makasimal. Contohnya dalam Mini Expo ini, terdapat sekitar 20 Kube telah memberikan sumbangsih hasil produk yang dipasarkan di mini expo ini.

"Selain itu juga mendapat bantuan berupa alat produksi dan pengemasan, yang saat ini sudah digunakan Kube Anggrek Bulan di RT kami," jelasnya.

Ia pun berharap agar program seprti ini terus berlanjut serta mendapat peningkatan dana bantuan Stimulan RT di setiap tahunnya.

"Kedepan bisa jadi kita bisa lebih berfokus ke pemberdayaan masyarakat lainnya. Jadi bisa lebih banyak yang terbantu," tutupnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image