Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karnoo Prks

Dinamika Kelompok

Eduaksi | Tuesday, 17 Jan 2023, 10:37 WIB

Dinamika kelompok sebagai suatu metoda dan proses, merupakan salah satu alat manajemen untuk menghasilkan kerjasama kelompok yang optimal, agar pengelolaan organisasi menjadi lebih efektif, efisien dan produktif. Sebagai metoda, dinamika kelompok, membuat setiap anggota kelompok semakin menyadari siapa dirinya dan siapa orang lain yang hadir bersamanya dalam kelompok dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kesadaran semacam ini perlu diciptakan karena kelompok atau organisasi akan menjadi efektif apabila memiliki satu tujuan, satu cara tertentu untuk mencapai tujuan yang diciptakan dan disepakati bersama dengan melibatkan semua individu anggota kelompok tersebut sesuai dengan kemampuannya masing- masing.

Masih dalam pembahasan kelompok sosial: pengertian, ciri, macam, dan contohnya, berikut macam atau jenis kelompok sosial dan contohnya di masyarakat.

1. BERDASARKAN CARA TERBENTUKNYA

Macam kelompok sosial berdasarkan cara terbentuknya terbagi atas dua, yaitu kelompok semu dan kelompok nyata.- Kelompok semu

a. Kelompok semu adalah kelompok yang sifatnya sementara. Kelompok ini tidak memiliki struktur, ikatan, kesadaran jenis, atau aturan.Contoh kelompok semu misalnya masyarakat yang berkerumun karena ada kecelakaan di suatu lokasi. Kelompok semu terbagi lagi menjadi tiga macam, yaitu.

1. Kerumunan: Kerumunan adalah orang-orang yang berkumpul pada saat tertentu secara cepat tanpa ada ikatan organisasi. Contohnya penonton konser, orang yang berekreasi di pantai, antre karcis, sampai orang yang tengah menyelamatkan diri dari gempa.

2. Massa: Massa adalah kelompok orang yang mempunyai ciri terbentuk secara disengaja karena suatu hal. Contohnya sekelompok mahasiswa yang melakukan demonstrasi di depan Istana Negara.

3. Publik: Publik adalah kelompok dengan anggota yang tersebar tanpa batas wilayah formal. Contohnya, para pendengar pidato presiden yang disiarkan lewat radio.-

b. Kelompok nyata

Kelompok nyata adalah kumpulan orang yang kehadirannya bersifat tetap. Terdiri atas empat macam, yakni.

a. Kelompok statistik: Kelompok statistik adalah sasaran penelitian. Ciri-cirinya tidak direncanakan tetapi bukan berarti terjadi secara spontan. Selain itu tidak ada interaksi, interelasi, dan komunikasi yang berlangsung lama, tidak ada kesadaran berkelompok, dan kehadirannya bersifat tetap. Contohnya, kelompok laki-laki dan wanita, anak-anak, pengusaha, dan sebagainya.

b. Kelompok kemasyarakatan: Kelompok ini tidak direncanakan, tetapi sudah ada dengan sendirinya. Biasanya muncul dalam suatu wadah, memiliki interaksi dan interelasi, serta kehadirannya tetap. Contoh kelompok sosial kemasyarakatan, yaitu kelompok masyarakat berkulit putih, kelompok masyarakat suku Jawa, dan lainnya.

c. Kelompok sosial: Kelompok sosial adalah masyarakat khusus yang terbentuk karena ikatan pekerjaan, usia, jenis kelamin, tempat tinggal, dan sebagainya. Biasanya, kelompok ini tidak direncanakan namun sudah ada dengan sendirinya. Contohnya, kelompok teman bermain, tetangga, dan lainnya.

d. Kelompok asosiasi: Kelompok asosiasi adalah kelompok berbentuk tetap karena faktor kesengajaan untuk dibentuk, terorganisasi, dan kehadirannya tetap. Contohnya, partai politik, perkumpulan atlet olahraga, dan lainnya.

2. BERDASARKAN IKATANNYA

Macam kelompok sosial berdasarkan ikatannya terdiri atas dua, yakni paguyuban dan patembayan. Berikut penjelasannya.-

1. Paguyuban

A. Paguyuban adalah kelompok sosial yang terbentuk karena ikatan darah atau garis keturunan. Contohnya, perkumpulan keluarga Minang di Jakarta.

B. Patembayan Patembayan adalah kelompok sosial yang terbentuk karena kepentingan tertentu. Contohnya, para karyawan di kantor yang terikat secara kontraktual.

3. BERDASARKAN SOLIDARITASNYA

Macam kelompok sosial berdasarkan solidaritasnya terdiri atas dua, yakni solidaritas mekanik dan solidaritas organik.

- Solidaritas mekanik

Kelompok solidaritas mekanik adalah kelompok di masyarakat yang masih sederhana dan diikat oleh kesadaran kolektif, tetapi belum mengenal pembagian kerja di antara anggota kelompok.Contohnya, perkumpulan bapak-bapak di suatu tempat tinggal.

- Solidaritas organik

Kelompok solidaritas organik adalah kelompok di masyarakat yang sudah kompleks dan mengenal pembagian kerja yang teratur, sehingga disatukan oleh saling ketergantungan antaranggota.Contohnya, perkumpulan bapak dan ibu rumah tangga di suatu lingkungan tempat tinggal yang memutuskan pembentukan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image