Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Qomaruddin

Kekuatan Guru Ada di Dalam Jiwanya

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 14 Jan 2023, 19:35 WIB

Tabligh Akbar digelar secara khusus untuk para guru dan karyawan semua sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Sabtu, 14 Januari 2023.

Tidak kurang ada 500 orang hadir dalam acara yang digelar oleh Biro Biah Islamiyyah LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi kajian, yakni kajian bersama Ustaz Nurhadi, Lc. Kepala Biro Biah Islamiyyah dan Kajian bersama Syaikh Khaldoun Ibrahim Salameh Alomoush dari Yordania.

“Hal yang paling penting adalah jiwa guru yang ikhlas untuk mendapatkan ridha Allah SWT.” nasihat Ustaz Nurhadi dalam kajiannya.

Menurutnya performa guru sangat dipengaruhi kekuatan jiwanya. “Semakin ikhlas, maka semakin tenang dan percaya diri sang guru dalam mendidik dan mengajar. Tidak banyak mengeluh dan tidak menjadi lemah saat sakit,” lanjutnya.

Nasihat ini dipertegas dalam kajian sesi kedua. “Yg dibutuhkan anak-anak adalah rahman, dan mengajarkan Al Qur’an adalah rahman,” terang Syaikh Khaldoun mengingatkan firman Allah SWT dalam surat Al Rahman. “Demikian tugas Rasulullah ﷺ, yaitu Rahmatan Lil ‘alamin,” lanjutnya.

“Begitulah rasul dan para sahabat. Kita sebagai guru perlu belajar kepada mereka, tentang betapa perhatian kepada umatnya, betapa ingin agar umatnya selamat,” lanjut Syaikh Khaldoun.

“Diantara cara menyelamatkan umat yaitu dengan pendidikan, yakni dengan menanamkan pondasi yang paling kuat yaitu keimanan lalu melatih menjalankan kewajiban ibadah,” tambahnya.

“Sebagai guru, ingat saat melangkahkan kaki masuk kelas, niatkan dalam hati bahwa kita akan mengajarkan keimanan, akhlak, dan pengetahuan yang luas, agar besok mereka dapat menjadi pemimpin yang menyelamatkan umat.”

Tabligh Akbar ini dimulai sejak 7.30 pagi hingga jelang dhuhur, di Aula SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image