Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image naaddini

Desakralisasi Al-Qur'an dalam Sistem Sekular

Agama | Friday, 13 Jan 2023, 22:59 WIB

Beredarnya video yang menunjukkan seorang qori’ah yang sedang membaca Al-Qur’an, disawer layaknya seorang biduan, sungguh sangat disayangkan. Hal itu merupakan bentuk desakralisasi dan pelecehan terhadap Al-Qur’an. Peristiwa yang terjadi saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, sekaligus menunjukkan sangat minimnya ilmu dan adab kaum muslimin saat ini.

Hal ini agaknya memang sebuah keniscayaan dalam sistem sekuler yang memisahkan agama dari kehidupan. Agama hanya dibawa ketika ibadah saja. Bahkan mungkin hanya formalitas identitas belaka. Sehingga tidak sedikit kaum muslimin menganggap bahwa mempelajari dan mendalami ilmu agama bukan merupakan kepentingan utama.

Sebaliknya, justru nilai-nilai HAM dan kebebasan berperilaku sangat dijunjung tinggi. Hukum dan aturan yang berlaku tidak memiliki standar yang pasti. Bahkan, mudah saja untuk melakukan kompromi. Maka, menjadi suatu hal yang wajar di dalam sistem kapitalis sekuler ini, dengan paham-pahamnya yang diadaptasi, banyak sekali pelecehan yang terjadi.

Ummat islam membutuhkan adanya institusi yang tidak hanya bisa menjaga kemuliaan Al-Qur’an, tetapi juga melindungi pembacanya. Selain itu, ummat juga membutuhkan sebuah negara yang bisa menerapkan isi Al-Qur’an secara menyeluruh di dalam kehidupan. Karena sejatinya, penerapan aturan islam dalam kehidupan akan menjadi solusi seluruh problematika manusia di dunia, serta membawa kesejahteraan di seluruh alam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image