Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arif Minardi

Dana Pensiun dan Nestapa Lansia

Eduaksi | Thursday, 12 Jan 2023, 13:00 WIB

Dana Pensiun dan Nestapa Lansia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan skema pensiun pegawai menjadi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. Data menunjukkan, pada tahun 2022 alokasi APBN sebesar Rp 119 triliun untuk membayar uang pensiun aparatur sipil negara (ASN).

Dampak pandemi Covid-19 yang mempengaruhi sektor jasa keuangan tampaknya juga sedikit memberi pengaruh pada industri dana pensiun di Indonesia. Hanya saja, dibandingkan dengan industri keuangan non-bank lainnya, industri dana pensiun dapat mencatatkan pertumbuhan aset mencapai 11 % secara year-on-year (yoy).

Data OJK menunjukkan hingga Mei 2021, aset dana pensiun di Indonesia tercatat sebesar Rp 317 triliun. Sebagai perbandingan, aset dana pensiun di Mei 2020 tercatat sebesar Rp 286 triliun. Begitu pula dari sisi aset investasinya yang juga mengalami pertumbuhan sebesar 11% yang di Mei 2021 mencapai Rp 306,5 triliun.

Kurang layaknya manfaat dana pensiun membuat para pekerja, baik ASN maupun pekerja swasta dilanda kegalauan yang akut jika memasuki masa pensiun. Apalagi sistem pensiun BPJS ketenagakerjaan ( BP Jamsostek ) hingga kini masih belum ada harmoni antara pihak pengusaha dan serikat pekerja.

Menurut ketentuan jaminan pensiun BP Jamsostek adalah semua pekerja yang mendapat upah di bawah Rp 16 juta perbulan, baik pekerja swasta maupun PNS dan TNI/Polri. Peraturan perundangan menyatakan bahwa sifat kepesertaan adalah mandatory atau wajib.

Kegalauan terkait sistem dan besaran dana pensiun semakin meluas baik di kalangan ASN maupun pegawai swasta, termasuk para buruh.

Jaminan hari tua yang ideal bagi pekerja yang memasuki lansia mesti diwujudkan. Tak bisa dipungkiri, kondisi masa tua para pejuang produktivitas bangsa sangat memprihatinkan. Mestinya pemerintah bersama legislatif dan organisasi pekerja perlu memikirkan penanganan kaum lanjut usia (lansia) yang berlatar belakang buruh.

Semakin banyak buruh lansia kondisinya sangat mengenaskan karena tidak punya skema pembiayaan hari tua yang layak. Keadaan makin menyedihkan karena sistem keluarga inti buruh sudah bergeser.

Diperlukan program terpadu terkait dengan kesejahteraan buruh lansia. Perlu menengok pembiayaan lansia di negara maju yang juga pernah mengalami masalah pelik. Khususnya terkait dengan skema pembiayaan. Di Indonesia hanya sebagian kecil saja lansia yang telah menyiapkan dirinya dengan pembiayaan lewat asuransi. Namun sebagian besar lansia tidak memiliki skema apapun termasuk buruh lansia.

Bahkan, skema jaminan hari tua yang selama ini dijalankan oleh BP Jamsostek jumlahnya sangat kecil dan masih jauh dari kebutuhan pembiayaan lansia.

Di negara maju, minimal dana yang mesti diinvestasikan untuk asuransi lansia adalah sekitar 10 persen - 30 persen dari gaji. Sedangkan BP Jamsostek jumlahnya masih jauh dari cukup untuk pembiayaan ketika yang bersangkutan menginjak lansia.

Sudah saatnya menata skema pembiayaan terhadap kaum lansia. Penataan itu berangkat dari realitas bahwa pada usia tertentu, seseorang berangsur-angsur akan kehilangan kemampuan untuk melakukan hal-hal dasar, seperti berjalan dan mandi. Oleh karenanya, para perencana keuangan global menyarankan perlu memasukkan biaya perawatan di usia lansia dalam daftar kebutuhan dana pensiun.

Skema pembiayaan lansia standar global contohnya adalah long term care insurance (LTC). Skema ini cukup ideal untuk menjawab kebutuhan akan perawatan dan penjagaan bagi seseorang yang sudah kehilangan kemampuan untuk melakukan hal-hal dasar seperti para lansia.

ilustrasi lansia ( dok istimewa )

Kaum lansia adalah segmen masyarakat yang paling rentan dan kurang berdaya menghadapi masalah sosial dan ekonomi. Perlu memperbaiki fasilitas sosial bagi kaum lansia yang kini jumlahnya semakin besar dalam struktur demografi di negeri ini.

Sudah saatnya program jejaring pengamanan sosial diarahkan kepada sasaran yang lebih esensial dan sistemik sesuai dengan tren dunia. Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai dan etika, mestinya kita harus menempatkan penanganan lansia di atas ketentuan ekonomi.

Penduduk usia tua adalah permasalahan pelik.Ada baiknya kita menengok Jepang yang merupakan salah satu negara dengan penduduk usia tua yang jumlahnya sangat besar. Hampir seperempat dari jumlah total penduduknya berusia di atas 60 tahun. Angka tersebut diperkirakan akan naik hingga 40 persen untuk beberapa tahun kedepan.

Pada saat bersamaan, jumlah pekerja muda menyusut drastis. Celakanya, pemerintah Jepang tidak memiliki cukup dana untuk memenuhi sistem jaminan sosial. Sehingga beberapa tahun terakhir ini dilanda masalah berat terkait pembiayaan jaminan sosial terhadap kaum lansia.

Kondisi di Jepang merupakan cermin mawas diri bagi Indonesia. Bagaimanapun juga kita harus berpikir keras mencari solusi untuk memuliakan para lansia di negeri kita yang notabene adalah para orang tua kita sendiri. Kita Pun harus mengakui bahwa banyak masalah lansia di negeri ini yang belum tertangani secara layak. Begitu juga dengan skema jaminan sosial bagi lansia yang belum berkeadilan dan masih jauh dari standar dunia.

Di Indonesia, selain skema dan cakupan jaminan sosial yang masih rendah, dukungan prasarana yang diberikan oleh pemerintah kepada penduduk lansia juga masih jauh dari memadai. Hal itu bisa dilihat dari sedikitnya jumlah Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) dibanding dengan jumlah lansia yang membutuhkannya. (AM)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image