Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Mengubah Diri Agar Bisa Menjadi Lebih Baik

Agama | Thursday, 05 Jan 2023, 19:34 WIB

Menjadi lebih baik dalam segala hal sudah tentu mesti dilakukan oleh siapapun. Seorang muslim pun demikian, maka tentu saja hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Tentu setiap perjalanan hidup takkan selamanya mulus namun demikian berubah ke arah yang lebih baik mutlak dilakukan karena sejatinya muslim yang baik adalah yang mengetahui segala kekurangan dan di kemudian hari mengubahnya ke arah yang lebih baik.

Mngubah diri ke arah yang lebih baik sangat dianjurkan oleh agama. (Foto:Republika.co.id/Prayogi)

Mengubah hal ini memang bukanlah hal yang mudah tetapi jika sesuatu dilakukan dengan kesungguhan hasilnya takkan pernah mengecewakan. Allah sangat menyukai orang yang melakukan ikhtiar untuk mengubah dirinya ke arah yang lebih baik. Salah satu contoh jika yang terbiasa Shalat di rumah maka sejatinya esok hari harus berjamaah di masjid. Membiasakan hal ini butuh proses tetapi jika mau melakukannya maka akan terbiasa pada akhirnya.

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (QS Ar-Rad : 11).

Jadi sangat jelas tergambar jika kita selaku muslim memiliki kewajiban untuk untuk mengubah sesuatu yang kurang baik harus menjadi baik dan yang sudah baik harus menjadi lebih baik lagi. Tentu saja hal ini adalah dinamika yang tak terbantahkan dalam hidup ini. Maka jika sudah melakukan evaluasi diri yang tentu saja mesti dilakukan selanjutnya adalah mengubah diri itu secara optimal dengan target untuk bisa menjadi manusia yang baik dan memberi manfaat untuk orang lain.

Kita meyakini memang ada ketentuan Allah di dalamnya berbicara akantetapi itu semua akan bisa tercapai ketika kita memang sudah melakukan sesuatu di dalam mengubah keadaan tersebut. Proses tetap harus dilalui dan itu semua menjadi hal yang harus dianggap penting dalam hidup. Mengubah dari yang tadinya kurang baik lalu menjadi baik maka itu sebenarnya sebuah prestasi. Manusia yang mau mengubah dirinya ke arah baik berarti memahami tentang eksistensi dirinya sebagai mahluk yang tergantung kepada orang lain. Jadi berubah menjadi orang baik adalah sebuah kebutuhan bukan saja untuk diri sendiri tetapi penting juga bagi orang lain.

Jadi ketika setiap saat berubah dalam hal kebaikan adalah hal yang sia-sia karena di sana terjadi sebuah peningkatan karena sudah melakukan evaluasi. Ini menjadi bukti bagi siapapun yang memiliki target dalam hidup menjadi terbaik dan selalu berusaha mendapat keridhoan Allah maka ini akan membuat dirinya selalu ingin berubah dan tentu saja dari hari ke hari akan terus berubah karena kesempatan untuk menjadi baik selalu dimanfaatkannya.

Tentu saja memonetum awal tahun ini akan menjadi penting sebagai titik tolak diri kita untuk mengubah diri ke arah yang lebih baik. Semua akan kembali kepada diri kita, mau atau tidak untuk mengubahnya. Semoga di esok hari kita semua menjadi baik sesuai harapan yang tentunya diridhoi Allah SWT.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image