Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Adib

Empat Fungsi Masjid Selain Sholat yang tak Disangka-sangka

Khazanah | Wednesday, 04 Jan 2023, 08:10 WIB
Masjid Ar-Razzaq Medan Sunggal

Hal yang lazim sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar sedunia dengan persentase jumlah penduduk sebesar 86,9 persen atau sebesar 237,53 juta jiwa per 31 Desember 2021 berdasarkan data Kemendagri dikutip dataindonesia.id, dengan jumlah penduduk yang sebesar itu pastilah memerlukan masjid atau mushalla sebagai sarana untuk menjalankan dan melaksanakan aktifitas ibadahnya, terutama kewajiban sholat fardhu 5 kali sehari semalam, terkhusus untuk para laki-laki mukallaf yang memang diwajibkan untuk sholat di masjid (kecuali ada udzur syar'i), jika ada yang enggan sholat maka mungkin belio-belio tersebut termasuk kedalam golongan laki-laki sholihah yang mengerjakan sholatnya dirumah seperti yang dikatatakan UAS, hehe....

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Masjid (SIMAS) milik Kementerian Agama RI via situs simas.kemenag.go.id hingga 4 Januari 2023 ternyata Negeri ini memiliki total 656.315 masjid dan mushalla dengan rincian 296.632 Masjid dan 360.439 Mushalla. Belum lagi masjid, mushalla, surau atau langgar yang belum tercatat di SIMAS, mungkin jumlahnya melewati angka jutaan lebih. Sungguh kekayaan khazanah islam yang sangat indah.

Fakta yang menarik adalah masjid ataupun mushalla tersebut tidaklah digunakan hanya sekedar untuk ibadah seperti sholat, berdzikir ataupun mengaji, melainkan memiliki fungsi dan kegunaan tertentu, fungsi apa sajakah masjid/mushalla yang tak kita sangka selama ini? Mari simak penjelasan lengkap berikut.

Fungsi ke-4: Peluang kerja & beramal para Pelajar/mahasiswa

Ini adalah salah satu strategi terjitu bagi pelajar/mahasiswa yang sedang ‘khuruj fii sabilillah’ yaitu menuntut ilmu. Itulah marbot, hampir semua kita jumpai di masjid-masjid atau mushalla yang marbotnya adalah anak muda berusia belasan dengan postur badan yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu besar. Menyapu, mengepel, hingga menghamparkan sajadah merupakan kegiatan yang sehari-hari mereka lakukan, memanggil para jama’ah datang ke masjid dengan cara mengumandangkan adzan dengan suara nyaring lewat pengeras suara. Hal ini merupakan cara terhemat dan paling menguntungkan para ‘mujahid ilmu’. Selain mereka mendapatkan tempat tinggal gratis, tidak perlu nge-kos, mendapatkan tambahan penghasilan plus meraih pahala & ridho dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sungguh Allah telah memilih pekerjaan yang paling menguntungkan dunia akhirat untuk hamba-hambanya, yaitu di Masjid.

Fungsi ke-3: Lokasi target utama berburu takjil buka puasa

Nah, bagi para ‘takjil hunter’ pasti gak akan melewatkan hal yang satu ini, terutama bagi para bocil-bocil yang entah mereka itu berpuasa penuh, puasa setengah hari ataupun yang tak berpuasa sekalipun berduyun-duyun berbuka puasa di masjid demi menyantap lezatnya takjil buka puasa yang selalu ada setiap bulan ramadhan tiba. Mulai dari aneka macam kolak, beragam bubur, variasi gorengan seperti trio RBT (risol, bakwan, tahu) atau entah bukaan takjil apapun namanya pasti disantap lahap oleh para ‘shohibul shiyam’. Diiringi dengan suara riuh gemuruh bocil-bocil yang tak sabar ingin mengambil jenis takjil apa yang sudah diincar oleh tatapan tajam mata mereka. Ini merupakan salah satu hal yang paling ditunggu dan disenangi masyarakat kita kala puasa tiba. Suasana ramadhan di masjid ini memang benar-benar kenangan yang indah yang pernah saya lalui dalam hidup, bahkan mungkin untuk semua umat muslim. Tak lupa kita mengucapkan syukur kepada Sang Pencipta yang masih memberi kita kesempatan untuk berjumpa dengan Ramadhan, semoga kita berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun depan ya sahabat, aamiinn...

Fungsi ke-2: Tempat berlindung dari bencana

Semuanya pasti masih mengingat jelas bagaimana Tsunami memporak-porandakan hampir sebagian besar wilayah Aceh, ratusan ribu menjadi korban dalam bencana yang tidak kita harapkan tersebut, tapi yang aneh bin ajaib dan menjadi perbincangan se-antero multiverse adalah ada satu bangunan yang tidak hancur bahkan masih utuh saat terjangan tsunami 26 Desember 2004 tersebut. Itulah Masjid Raya Baiturrahman Aceh, masyarakat yang terkena terjangan tsunami disekitar masjid segera berupaya masuk kedalam masjid agar terhindar dari arus kuat tsunami, dan Maha Benar Allah, semua yang masuk kedalamnya aman dan tidak terseret arus. Selain Masjid Baiturrahman ada juga Masjid Rahmatullah di Pantai Lampuuk, Loknga, Aceh Besar yang juga aman dari Tsunami, hanya masjid inilah satu-satunya bangunan yang bertahan dari terjangan amukan Tsunami. Sama halnya dengan kejadian abu vulkanik Gunung Semeru pada akhir Desember 2021 lalu, video seorang netizen memperlihatkan sebuah Masjid di daerah lereng Gunung Semeru, Lumajang, JawaTimur yang tetap berdiri kokoh setalah serbuan awan panas abu vulkanik. Masjid tersebut hanya tertutupi oleh lapisan abu vulkanik saja. Maha benarlah firman Allah dan sabda Rasululullah: “Sebaik-baik dan semulia-mulia tempat yang paling dicintai Allah adalah Masjid”.

Fungsi pertama: Arena berkumpul & bermainnya bocil-bocil terutama saat maghrib

Saat maghrib merupakan saat selesainya semua orang beraktifitas, baik yang sekolah, bekerja maupun menunaikan aktifitas lainnya. Sholat maghrib bisa dibilang sebagai sholat fardhu yang paling ramai didatangi oleh jama’ah, sebab bukan hanya yang tua dan muda, bahkan anak-anak pun berduyun-duyun kompak ke Masjid untuk melaksanakan sholat berjama’ah. Disinilah kita jumpai para bocil bermain dengan suara riuh gemuruh dibelakang jama’ah yang sedang berusaha khusyu’ mengerjakan sholat. Ada yang saling dorong, tertawa satu sama lain, atau mengganggu teman disebelahnya. Menurut pendapat saya anak-anak yang ribut dan bermain dibelakang shaf tidak perlu diusir oleh pengurus atau jama’ah masjid, cukup di nasehati dan diperingatkan dengan cara yang baik dan kreatif. Kelak ketika tumbuh dewasa mereka akan menyadari tindakan yang mereka lakukan sewaktu di masjid dulu adalah salah, namun itu menjadikan masjid sebagai salah satu tempat paling dikenang dan berkesan di hati mereka. Muhammad Al-Fatih ‘Sang Penakluk Konstantinopel’ pernah berkata: “Jika suatu saat engkau tidak mendengar lagi suara gelak tawa anak-anak riang gembira di antara shaf di dalam masjid-masjid, maka takutlah kalian akan datangnya kejatuhan generasi muda di masa itu”.

Itulah 4 fungsi masjid selain sholat yang tak kita sangka-sangka, ternyata tidak hanya untuk sholat, berdzikir dan membaca Al-Quran. Nah, sekarang coba kalian sebutkan fungsi masjid lainnya selain dari yang saya sebutkan diatas?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image