Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hadi Surahman

Cara Membuat Essay

Edukasi | Tuesday, 03 Jan 2023, 20:53 WIB

Membuat essay bisa jadi merupakan salah satu tugas yang cukup menantang bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mencoba menulis essay. Namun, jika Anda memahami cara yang tepat untuk membuat essay, maka tugas ini bisa terasa lebih mudah dan menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat essay yang baik:

1. Tentukan tema atau topik yang akan dibahas dalam essay Anda

Pilih topik yang memang Anda minati atau yang Anda sukai, agar Anda bisa lebih mudah menulis dan menyampaikan ide-ide Anda.

2. Buat outline atau garis besar ide-ide yang akan Anda bahas dalam essay Anda

Outline ini bisa membantu Anda mengorganisir ide-ide yang akan Anda sampaikan, sehingga essay yang Anda tulis lebih terstruktur dan mudah dibaca.

3. Tuliskan introduction atau bagian pembuka essay Anda

Bagian ini bisa menjelaskan topik yang akan dibahas, mengapa topik tersebut penting, dan apa yang akan Anda bahas dalam essay Anda.

4. Tuliskan body atau tubuh essay Anda

Bagian ini merupakan bagian utama dari essay Anda, di mana Anda akan mengemukakan ide-ide dan argumen-argumen yang mendukung thesis statement atau ide pokok yang ingin Anda sampaikan. Tuliskan satu ide utama dalam setiap paragraf, dan buatlah beberapa sub-points atau ide pendukung untuk setiap ide utama tersebut.

5. Tuliskan conclusion atau kesimpulan essay Anda

Bagian ini merupakan bagian penutup essay Anda, di mana Anda akan menyimpulkan ide-ide yang telah Anda sampaikan selama ini. Jangan lupa untuk menyertakan restatement atau pengulangan thesis statement Anda dalam bagian ini.

6. Revise atau merevisi essay Anda

Setelah menyelesaikan essay Anda, jangan lupa untuk melakukan revisi terhadap tulisan Anda. Periksa kembali tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang Anda gunakan. Jika perlu, Anda juga bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk memberikan masukan atau saran terkait essay yang telah Anda tulis.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat essay yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image