Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Menapaki Tahun Baru Dengan Bekal Iman dan Takwa

Agama | Sunday, 01 Jan 2023, 05:32 WIB

Kita sudah menginjakkan kehidupan pada awal tahun 2023 ini. Banyak rencana dan harapan yang diinginkan pada tahun yang kita hadapi selanjutnya. Menariknya, sudah ada info jika pada tahun ini akan terjadi resesi ekonomi. Sungguh tergambar begitu menakutkan tetapi sesungguhnya ujian itu nyata dan datangnya dari Allah maka kita semua kembalikan hanya kepada Allah dengan ikhtiar dan berupaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Meningkatkan keimanan dan ketakwaan merupakan bekal utama menghadapi tahun 2023. (Foto : republika.id)

“Dan Kami pasti akan menguji kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali untuk dihisab)” (QS al Baqarah: 155-156).

30 Desember 2023 Pemerintah mencabut PPKM dalam arti kata perjalanan kita hampir selama tiga tahun itu bukan persoalan mudah. Tetapi dengan keimnan dan ketakwaan yang kita miliki sudah semestinya kita bersyukur karena Allah telah membalas kesabaran yang pernah kita lakukan selama ini. Ini menjadi bukti Allah telah berikan jalan keluar atas kesulitan itu ketika kita berhusnudzan dengan apa yang diberikan Allah. Sungguh semasa pandemik kita seperti terkungkung dalam ketakutan tetapi semakin dekat dengan Allah ternyata semua itu tangga-tangga yang menjadi media untuk mengetahui akan kebesaran Allah.

Karenanya apapun kekhawatiran kita tentang kehidupan adalah sesuatu yang lumrah. Tetapi mesti kita ingat Allah selalu bersama orang-orang yang sabar. Agar bisa menapaki hidup secara baik maka tak salah mari kita perbaharui Shalat kita sebagai sarana setiap saat agar kita bisa bertemu dengan Allah mengadukans egala keinginan, harapan dan juga masalah yang tengah kita hadapi.

Panggilan Adzan Hayya ala Sholah dan Hayya alal Fallah adalah panggilan yang sesungguhnya panggilan yang mengajak agar kita selalu ingat akan Allah dan sarana bagi kita untuk semakin dekat dengan-Nya. Kita takkan mampu melakukan sesuatu kecuali dimampukan oleh Allah. tentu saja untuk mndapatkan kemenangan dan kebahagiaan bukan kita yang menentukan tetapi eAllah yang memiliki hal itu. Shalatlah sebaik mungkin sebab Allah sangat suka kepada orang-orang yang Shalat epat waktu dan tidak melalaikannya.

Tentu saja sungguh menarik ketika ada harapan yang membuncah dalam diri. Namun harapan itu haruslah kemudian diwujudkan, tetapi kemudian kita sadar bahwa kita memiliki keterbatasan. Lalu kepada siapa kemudian kita bersandar. Kita bersandar hanya kepada Allah karena kita tak memiliki ketentuan untuk menentukan apa yang menjadi harapan kita. Maka dengan memanjatkan doa itulah salah satu cara agar keinginan kita dikabulkan. Namun terkadang doa yang terkabul itu milik siapa saja akantetapi yang biasanya lebih didahulukan adalah bagi mereka yang memiliki keimanan dan ketakwaan yang kokoh.

"Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS An-Nahl: 127-128).

"Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan pada mereka jalan keluar, dan Allah akan memberikan rezeki yang tidak di sangka-sangka." (QS Ath-Thalaaq: 2-3)

"Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya." (QS Ath-Thalaaq: 5)

Jelas dengan bekal dan iman dan takwa ini kita takkan pernah tersesat di dalam menjalani kehidupan. Begitupula dalam menjalaninya kita takkan pernah pesimis karena Allah menjanjikan kehidupan yang baik bagi orang yang selalu berhusnudzan kepadanya. Jadi apa yang mesti ditakutkan, melangkah di tahun baru ini karena Allah akan menghargai apa yang kita lakukan terkhusus bagi mereka mereka yang memilikikeimanan dan ketakwaan yang kokoh.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image