Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dylan Hafizhan

Selipan Dakwah Islam pada Gelaran Piala Dunia Qatar 2022

Agama | Thursday, 29 Dec 2022, 11:12 WIB
Animasi poster Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar. (pixabay.com)

Piala dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar dari tanggal 20 November - 18 Desember 2022 resmi berakhir dengan Argentina keluar sebagai pemenangnya. Lewat drama adu penalti, tim Tango berhasil mencegah Prancis untuk mempertahankan gelarnya. Piala dunia kali ini banyak menciptakan sejarah, seperti Maroko sebagai satu-satunya negara dari benua Afrika yang mampu menembus babak semi final. Selain itu, banyak sekali hal unik yang terjadi, seperti kali pertamanya piala dunia diselenggarakan di negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam.

Sebagai seorang muslim kita tentu tahu bahwa mendakwahkan Islam kepada non muslim merupakan suatu hal yang wajib untuk dilaksanakan, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an dan Hadist. Qs. An-Nahl ayat 125, Allah SWT berfirman:

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِا لْحِكْمَةِ وَا لْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَا دِلْهُمْ بِا لَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُ ۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِا لْمُهْتَدِيْنَ

Artinya "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk." (QS. An-Nahl 16 : 125).

Selain itu, Rasullullah Saw bersabda :

”Siapa pun yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya, kalau tidak mampu, hendaklah mengubah dengan lisannya, kalau tidak mampu hendaklah mengubah dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman.” (HR. Bukhari Muslim).

Morgan Freeman (kiri) dan Ghanim Al Muftah (kanan) saat acara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022. (Screenshot)

Oleh sebab itu, Qatar memperkenalkan budaya mereka pada masyarakat dunia. Dan itu seperti mereka dengan cara yang halus memperkenalkan atau mendakwahkan Islam pada dunia. Pada acara pembukaan misalnya, di mana saat itu Qs. Al-Hujurat ayat 13 dilantunkan beserta dengan artinya. Dan mungkin semua muslim tau bahwa makna dari Qs. Al-Hujurat ayat 13 ini tentang toleransi, dijelaskan pula pada acara pembukaan bahwa Islam sangat toleransi akan keberagaman. Karena memang Allah Swt menciptakan manusia dari beragam negara dan suku supaya masing-masing bisa belajar dari perbedaan tersebut.

Selain itu juga, nampaknya Qatar memberikan usaha maksimal mereka dalam mendakwahkan Islam. Mereka memasang mural-mural hadist Rasulullah Saw di berbagai jalan di Qatar . Di samping itu juga , beberapa hotel di setiap kamarnya dipasang kode QR yang nantinya akan mengarah ke laman Kementrian Awqaf Qatar. Dan laman ini juga dapat diterjemahkan ke dalam semua bahasa. Dan atas semua yang dilakukan ini, tentunya Qatar berharap semua pengunjung dapat mengenal Islam lebih jauh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image