Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LPM El-Hakim

Ketika cinta menemui takdirnya, Siapa Kita?

Agama | Monday, 26 Dec 2022, 10:56 WIB

Keputrian Surabaya bekerja sama dengan LDK akhwat STAI Lukman Al hakim Surabaya mengadakan seminar Pra Nikah dengan tema KETIKA CINTA MENEMUI TAKDIR NYA,SIAPA KITA? yang diisi oleh 2 narasumber terbaik yaitu Ustadz Muh.Idris,M.Pd.I dan Ustadzah Istiqomah,S.Pd.I

Ini merupakan salah satu kegiatan rutin keputrian Surabaya,yang akan ada setiap sebulan sekali atau dua bulan sekali dan biasa juga disebut dengan halaqah jama'i.

Pada penyampaiannya Ketua STAIL itu atau yang kerap disapa dengan nama Pak Idris belau sangat bersemangat dan tidak jarang membuat audiensinya tertawa. "Asal muasalnya cinta adalah cinta Allah. Jangan mencari cinta yang sempurna Adam dan hawa menghadirkan 2 cinta : 1. Cinta di kendalikan oleh hawa nafsu 2. Cinta yang mengendalikan hawa nafsu " Maka hadirlah pejuang cinta "

Takdir itu sendiri seperti Alif lam mim artinya hanya Allah yang tahu, bukan karena tidak bermakna sama sekali tapi karena makna nya sangat luas. Pentingkah menikah? pentingkah laki-laki sholeh?

Jawabannya adalah penting karena pernikahan antara lain: 1.Syariat Allah 2.Cara mengelola cinta dan hawa nafsu yang efektif 3.Tanda-tanda keagungan Allah 4.Pilar peradaban Islam

Lalu yang perlu kita siapkan untuk menikah yaitu: 1.Ruhiyah (spiritual),nikah itu ibadah,yang menjadi syarat ibadah yaitu niat. 2.Tsaqofiyah (intelektual),siapkan ilmunya baik laki-laki maupun perempuan. 3.Jasadiyah (jasad/fisik),jangan jadi wanita yang lemah tapi jadilah wanita yang tangguh dan mahal. 4.Iqtishodiyah (mandiri),karena laki-laki akan terusik dengan wanita yang mandiri. 5.Ijtimaiyah (sosial),mampu menerima orang lain karena menikah itu menggabungkan 2 kepala yang berbeda.

Beliau juga berpesan bahwa "Siapa yg tidak mau menikah, maka dia merobohkan peradaban Islam, siapa yang menikah berarti dia sedang mendaftarkan dirinya sebagai pilar-pilar peradaban Islam, disinilah pentingnya pernikahan. Bukan karena kemudian agar ada yang mijitin dia, agar ada yang menjaga dia ketika sakit, agar ada yang kemudian mencucikan bajunya karena selama ini mencuci baju sendiri, bukan karena alasan seperti itu menjadikan alasan untuk menikah, tetapi sesungguhnya Allah SWT memberikan syari'at kepada kita salah satunya menjaganya dengan baik yaitu pernikahan.

Peradaban Islam sebagai salah satu tanda kiamat datang, itu bisa lahir dengan pernikahan maka segeralah menikah karena sebentar lagi kiamat" sebagain cuplikan penyampaian pemateri pertama (ustadz Idris, M.Pd,I)

Narasumber yang ke II Ustadzah Istiqomah,S.Pd.I dengan materi yang tidak kalah menarik yaitu fungsi muslimah sholehah

1.Menjadi anak Sholehah 2.Istri Sholehah dari suami yang Sholeh 3.Ibu dari putra/putri mujahid/ah 4.Daiyah Sholeh

INDAHNYA MENIKAH 1. Tujuan menikah - Melaksanakan perintah Allah dan sunnah Rasul - Mencegah zina - Menyempurnakan separuh agama - Mendapatkan keturunan - Membangun keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

NIKAH = IBADAH

Persiapan untuk menikah - Luruskan niat - Wawasan (paling penting terkait pernikahan, keislaman, terkait tugas RT, psikologi lawan jenis, psikologi ortu) - Skill (melayani suami, menata rumah, memasak, komunikasi positif, mengurus buah hati, menajemen keuangan dan manajemen waktu) - persiapan fisik - persiapan ruhiyah

Rasul sudah memberikan tips pilihlah pasangan karena agamanya, sebab jika agamanya baik insya Allah yang lain akan mengikuti" sebagain cuplikan penyampaian pemateri pertama (ustadzah Istiqomah, S.Pd,I)

"Masya Allah begitu banyak ilmu yang dapat kita dapatkan selama mengikuti semoga kita semua dapat menjadi pasangan yang Sholeh dan Sholehah bagi pasangan kita kelak serta pasangan yang satu sama lain saling melengkapi dalam segala aspek kekurangan maupun kelebihan". ujar Sarinah salah satu peserta seminar itu

Mari kita sama-sama saling memperbaiki diri maupun ibadah dan cinta kita terhadap sang pemilik cinta agar kelak bisa menjadi yang diidolakan oleh ibu sang pujaan hati.

Pesan dari KH Maimun Zubair " Memilih istri itu jangan yang terlalu mengerti dunia, karena seberapa sholeh/ah anak mu tergantung seberapa sholehah Ibunya "

Semangat untuk saya pribadi, teman-teman dan tentunya untuk para pembaca semoga cinta kita akan jatuh pada orang yang tepat yaitu orang yang mencintai kita karena Allah SWT bukan karena hawa nafsu bahkan bukan karena cantik dan harta semata.

Surabaya, 24 Desember 2022. Suara LPM Al-Hakim/InemZ

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image