Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Joko Susanto

Buah Ketakwaan Orang Tua Bagi Keturunan dan Lingkungannya

Agama | Sunday, 25 Dec 2022, 11:23 WIB

Ada inspirasi dan peringatan menarik dalam buku berjudul "Sudahkah Anda Bertakwa?" karya Syekh Ahmad Farid (2008).

Bahwa salah satu buah nyata dari takwa adalah terjaga dari keturunan yang lemah.

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar." (Q.S. An-Nisa : 9)

Al-Qasimi menjelaskan, "Dalam ayat tersebut ada isyarat berupa bimbingan bagi orang tua yang takut meninggalkan keturunan yang lemah, yaitu dengan bertakwa dalam segala urusannya sehingga anak-anak mereka terjaga dan dilimpahi pertolongan dari- Nya."

Pada kesempatan yang sama, ayat tersebut juga memberitahu akan ancaman terlantarnya anak-anak mereka jika mereka meninggalkan ketakwaan kepada Allah SWT. Baiknya, ada isyarat pula bahwa modal takwa akan menjaga perkara pokok dan perkara cabang. Orang-orang saleh pun akan menjaga keturunan mereka dari kelemahan. Sebagaimana tercantum dalam firman Allah : "Dan ada pun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu, yang di bawahnya tersimpan harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedangkan ayahnya seorang yang saleh." (Al-Kahfi:82)

Kedua anak kecil tersebut terjaga baik diri maupun hartanya karena berkah kesalehan kedua orang tuanya.

Muhammad bin Munkadir berkata, "Sungguh, terhadap orang saleh Allah akan menjaga anak, cucu, desa yang ia tinggali, dan rumah-rumah di sekitarnya. Mereka senantiasa dalam penjagaan Allah dan perlindungan-Nya."

Ibnu Musayyib berkata kepada anaknya, "Nak, sungguh, aku akan menambah sholatku dengan harapan aku dapat menjagamu." Kemudian dia membaca, 'Sedangkan ayahnya seorang yang saleh.' (Al-Kahfi:82)

Kiranya kita perlu menyadari bahwa banyak kebaikan yang kita nikmati hari ini bisa jadi adalah buah atau berkah dari ketakwaan orang tua atau para pendahulu kita. Jangan lupa hadiah doa untuk mereka. Semoga kita pun mampu menjadi generasi yang bertakwa sehingga anak keturunan dan lingkungan kita dijaga selalu oleh sang Maha Pencipta. Aamiiin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image