Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Buka Workshop Penyusunan Dokumen ISO 9001, Begini Harapannya Rektor Unismuh

Info Terkini | Thursday, 22 Dec 2022, 15:07 WIB

REPUBLIKA, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Workshop Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen ‘Internanational Standardization Organization (ISO) 9001:2015’ di Balai Sidang Muktamar, Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Kamis, 22 Desember 2022.

Ketua Badan penjaminan Mutu (BPM) Unismuh Makassar Dr Burhanuddin dalam laporannya mengungkapkan pelaksanaan sertifikasi dokumen ISO dilaksanakan secara bertahap yaitu sosialisasi ISO, penyusunan dokumen ISO, dan pelatihan auditor yang terkait ISO.

“Saat ini kita sedang menjalankan proses penyusunan dokumen ISO dan sosialisasi ISO telah kita laksanakan dua bulan yang lalu,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa peserta penyusunan dokumen ISO yaitu Unit Kerja dan Prodi Unismuh Makassar.

“Prodi yang diikutkan adalah prodi yang telah terakreditasi dan akan melakukan akreditasi atau pasca-akreditas institusi,” tuturnya.

Burhanuddin berharap Unismuh Makassar bisa memiliki daya saing secara Internasional. Salah satu target daya saing Internasional yaitu memiliki seritifikat ISO, memiliki prodi dengan akreditasi Internasional, serta penelitian Internasional.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar Prof Gagaring Pagalung dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ISO adalah standar Internasional yang dibuat oleh lembaga di dunia.

Gagaring menjelaskan, jika Unismuh tidak memiliki desain yang sesuai dengan standar Internasional maka Unismuh tidak akan diakui sebagai organisasi Internasional.

“Akan sulit untuk mencapai sertifikasi internasional karena kita tidak memiliki standar yang sesuai,” ungkapnya

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse berharap semua prodi akan aktif melakukan penyusunan dokumen ISO.

“Saya harap dengan kegiatan ini maka semuanya akan aktif, tidak hanya prodi yang akan melakukan akreditasi,” ungkapnya.

Selain memberikan sambutan, Ambo Asse juga membuka kegiatan Workshop Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 tersebut.

Workshop ini akan berlangsung selama 3 hari. Hari pertama, fokus membahas standar dokumen ISO, yang memiliki 10 standar yaitu ruang lingkup, acuan normatif, istilah dan definisi, konteks organisasi, kepemimpinan, perencanaan, dukungan, operasi, evaluasi, dan peningkatan.

Adapun narasumber untuk kegiatan workshop penyusunan dokumen sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ada 3 yaitu Prof Sukamta, Dr Nuryakin, Dr Mega Hidayati.

Kegiatan ini diawali dengan pengajian dari Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi MPdI dengan topik mewujudkan sumber daya manusia unggul sesuai dengan Al-Quran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, Direktur Pascasarjana Prof Irwan Akib, Para Dekan dan Wakil Dekan. Ratusan peserta workshop berasal dari utusan badan/Lembaga tingkat Universitas, fakultas dan prodi se-Unismuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image