Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Tip Tidak Canggung Saat Menghadapi Interview Kerja

Eduaksi | Monday, 13 Dec 2021, 12:13 WIB
Ilustrasi Foto Freepik

Kamu tegang? Tenang aja, hal ini pasti selalu dirasakan oleh tiap kandidat. Selain tegang kamu pasti juga merasakan cangung pada saat interview, terlebih lagi jika HRD langsung menanyakan hal-hal yang penting terkait interview. Kalau kamu ada di posisi ini, kamu bisa loh menjadi lebih proaktif.

Pada saat interview dan memperkenalkan diri, kamu bisa saja memulai dengan mengucapkan "hai senang bertemu dengan anda, bagaimana hari anda sejauh ini?".

Small talks matter, karena setelah ditanya hal berikut, HRD pasti akan mulai menceritakan apa yang sedang dikerjakan dan kamu bisa menikmati keseluruhan dari interview. Ingat! interview itu saling mengenal satu sama lain, jadi nikmati ya!

Menyesuaikan penampilan dan kepribadian

Mungkin penampilan seharusnya tidak terlalu penting, tetapi memang begitu. Beberapa menit pertama wawancara sangat penting untuk kesan pertama. Pastikan kamu berpakaian dengan tepat untuk jenis pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar.

Jawaban yang sudah dilatih, senyum palsu, dan mengatakan apa yang menurut kamu ingin didengar pewawancara menyesatkan majikan.

Saat kamu ditanyai, sampaikan keterampilan dan pengalaman khusus yang Anda miliki dan bagaimana kamu menangani situasi yang ditanyakan kepada kamu. Semakin banyak informasi faktual yang kamu berikan, semakin manajer perekrutan akan tahu seberapa berkualitas kamu.

Sedikit tip, orang-orang cenderung melihat sepatu kamu, jadi kamu mungkin perlu memoles sepatu kamu. Jika sepatu kamu tidak memerlukan semir, pastikan sepatu tersebut bersih dan bebas dari lecet atau goresan. Penting untuk terlihat terbaik dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Lakukan hal ini sebelum interview dilakukan
Mempunyai wawasan yang cukup pada saat interview itu perlu banget loh! Kamu ga harus kok sampe kursus dulu, cukup ketahui 5 hal ini sebelum kamu melakukan interview.
Industri dan kompetitor

Akan lebih baik jika kamu memiliki pengetahuan tentang apa yang sedan terjadi di industry tersebut! Kamu bisa membaca trend costumer dari industry tersebut atau berita terbaru tentang industri tersebut.

Perusahaan tersebut

Kamu harus paham betul nih yang dijual apa, produknya seperti apa dan juga visi dari perusahaan bagaimana.

Team yang spesifik

Cari tahu dengan jelas posisi yang kamu lamar apa dan akan berada di tim apa di perusahaan tersebut.
Interviewer kamu

Tidak ada salahnya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu pengalaman dari orang yang akan interview kamu. Ingat! Interview adalah proses saling mengenal satu sama lain.
Nilai plus dirimu

Coba pikirin deh, apa ya kira - kira yang akan kamu bawa ke perusahaan.

Nah sudah siapkan untuk menghadapi HRD saat giliran wawancara? Anggap saja saat kamu berhadapan dengan interviewer sebagai pertemuan yang membahagiakan. Soal lulus atau tidak tentu sangat relatif dan juga dipengaruhi oleh faktor lain.

Terpenting sebagai calon karyawan yang menawarkan diri dengan value kompetensi dan profesionalitas, maka pantang untuk tampil canggung dan ragu-ragu. Tapi tampil optimis dan percaya diri. (**)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image